Kamis 11 Mar 2021 10:26 WIB

Dekranasda Kota Depok Dorong Perluasan Pasar UMKM

Di Depok, Kecamatan Sukmajaya menjadi yang pertama meluncurkan ruang UMKM.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Istri Wali Kota Depok, Elly Farida.
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Istri Wali Kota Depok, Elly Farida.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida mendorong perluasan pasar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar lebih berkembang produk yang dihasilkannya.

"Saya mendukung setiap kantor kecamatan agar dilengkapi ruang khusus bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Langkah ini tentunya bisa mendongkrak usaha mirko di masa pandemi Covid-19," kata Bunda Elly, sapaan akrabnya, di Depok, Jawa Barat, Kamis (11/3).

Elly menuturkan, Kecamatan Sukmajaya menjadi yang pertama meluncurkan ruang UMKM. Upaya itu dapat terwujud berkat kolaborasi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok.

"Alhamdulillah, tanggapan dari pelaku UMKM juga sangat baik, terbukti mereka senang menjajakan hasil karyanya di sini tanpa membayar sewa. Semoga langkah ini bisa diikuti oleh kecamatan yang lain," ujar Elly.

Dia mengatakan, para pelaku UMKM dituntut untuk bertahan dalam kondisi pandemi Covid-19. Oleh karena itu, dengan penyediaan fasilitas ini dapat memotivasi mereka agar terus meningkatkan kapasitas usahanya. "Melalui ruang khusus ini dapat membantu para pelaku usaha untuk kembali bangkit dari kesulitan selama pandemi," ucap Elly.

Menurut Elly, hasil kerajinan tangan dari pelaku UMKM yang tergabung dalam Sukmacraft juga memiliki kualitas terbaik. Bahkan berpotensi untuk bersaing dengan crafter lainnya di tingkat nasional. "Kami tentunya sangat mendukung pelaku UMKM yang mau mengembangkan usahanya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement