Sabtu 03 Apr 2021 10:00 WIB

Pengelolaan Sampah Plastik di UI Raih Penghargaan

UI mengedukasi sitivitas akademika dan masyarakat terkait pengelolaan sampah plastik.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra
Pengelolaan sampah plastik di Univeritas Indonesia (UI).
Foto: Dok UI
Pengelolaan sampah plastik di Univeritas Indonesia (UI).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan PT Dow Chemical Indonesia dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, menggelar acara puncak dari serangkaian kegiatan edukasi pengolahan sampah plastik yang telah dilakukan selama Januari-Maret 2021 di lingkungan UI.

Dalam acara puncak yang dilaksanakan secara daring (31/3), UI dan Dow mengumumkan para pemenang dari rangkaian lomba yang telah dilakukan sebelumnya, serta memberikan penghargaan bagi internal UI yang dinilai telah memberikan komitmennya bagi pengolahan sampah plastik di UI.

Rektor UI Prof Ari Kuncoro mengatakan, kegiatan tersebut menjadi kesempatan UI untuk mengedukasi dan meningkatan kesadaran UI dan masyarakat untuk bijak menggunakan plastik. "Saya berharap jajaran pimpinan, sivitas akademik UI, dan seluruh lapisan masyarakat dapat berkomitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan hidup," ujar Ari dalam siaran pers, belum lama ini.

Ketua pelaksana Prof Fatma Lestari, mengatakan, karena pandemi Covid-19, kegiatan itu mengalami perubahan konsep dari bentuk luring, menjadi daring. Dia menjelaskan, rangkaian kegiatan edukasi diadakan dalam mpat bentuk, yaitu webinar manajemen plastik, community project, lomba 4R (reduce, reuse, recycle, and replace), serta campion plaswas.

"Khusus untuk champion plaswas, penghargaan akan diberikan dalam tiga kategori bagi pihak-pihak internal UI yang dianggap menjalankan kegiatan manajemen sampah dengan baik," jelasnya.

Direktur Kerja Sama UI, Dr Toto Pranoto mengatakan, UI berkomitmen penuh dalam menjaga dan mendukung kelestarian lingkungan hidup. Upaya tersebut diwujudkan melalui, pemilahan sampah dan pengurangan sampah plastik di berbagai fakultas di UI serta kerja sama dengan bank sampah Pemkot Depok.

"Kerja sama dengan pihak industri dalam melakukan pemanfaatan sampah plastik multilayer dan single layer sebagai bahan baku pembuatan aspal," tuturnya.

Business Development PT Dow Indonesia, Donny C Ariefianto mengatakan, kerja sama antara UI dan PT Dow adalah salah satu bentuk circular economy initiative, yakni sebuah pola ekonomi yang berusaha mendayagunakan limbah industri menjadi produk tepat guna. Dia melihat kerja sama tersebut merupakan langkah awal yang baik dalam menggerakkan ekonomi sirkular untuk Indonesia.

"Kami melihat bahwa plastik bukanlah masalah utama, tapi yang menjadi masalah utamanya adalah perilaku dan infrastruktur dari pengelola sampah itu sendiri," terang Donny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement