Rabu 27 Oct 2021 16:00 WIB

Disdik Jabar Intruksikan Cabang Jadi Orangtua Atlet Peparnas

Dedi berharap kontingen Jabar dapat mendulang hasil terbaik.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Disdik Jabar Intruksikan Cabang Jadi Orangtua Atlet Peparnas (ilustrasi).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Disdik Jabar Intruksikan Cabang Jadi Orangtua Atlet Peparnas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Dinas Pendidikan Jawa Barat akan menugaskan seluruh kepala cabang dinas untuk menjadi orang tua angkat bagi atlet Jabar yang akan mentas di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua.

Hal tersebut disampaikan Kapala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi, saat Pengukuhan Kontingen Peparnas Ke Papua di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (27/10).

Pada Peparnas XVI Papua ini, Dedi Supandi diberikan tugas sebagai  Chef de Mission (CdM) atau ketua rombongan kontingen Jabar. "Saya menugaskan juga seluruh kepala cabang dinas untuk menjadi orang tua angkat dari atlet yang akan bertanding di Papua," ujar Dedi Supandi.

Dedi mengatakan, sebagai orang tua angkat nantinya seluruh kepala cabang dinas tersebut akan memperhatikan dan melakukan bimbingan atlet Peparnas Jabar selama di Papua. Termasuk memastikan kebutuhan para atlet dapat terpenuhi. 

 

"Sehingga atlet Jabar ini tidak memikirkan urusan makan dan yang lainnya, dia fokus untuk bertanding untuk memperebutkan gelar di sana," katanya.

Selain itu, kata Dedi, Didik Jabar akan memastikan kesehatan dan keselamatan seluruh kontingen Jabar, baik itu sebelum berangkat menuju Papua dan juga ketika kembali ke Jabar. 

"Nanti tanggal 1 akan melaksanakan PCR, lalu tanggal 2 dini hari berangkat dan pulang dari Papua kita juga siapkan ruang untuk isolasi mandiri nantinya," katanya. 

Dedi mengatakan, sebanyak 415 kontingen Jabar termasuk pelatih dan official akan mengikuti 12 cabang olah raga yang dipertandingan pada Peparnas XVI Papua. "Jadi kalau para kepala cabang jadi orang tua asuh dari cabor, maka cabor atletik akan diasuh oleh dua kacab dinas," katanya.  

Saat ditanya target, Dedi berharap kontingen Jabar dapat mendulang hasil terbaik, yaitu kembali mengamankan titel juara umum dengan raihan 130 medali emas. 

"Untuk atlet yang akan bertanding jaga sportivitas jaga kesehatan mari kita bawa Jabar juara itu di Peparnas 2021," katanya. 

Menurut Dedi, ada beberapa provinsi yang akan menjadi pesaing terberat dari kontingen Jabar di Perparnas nanti. Yakni, Jawa Tengah dan juga Kalimantan Timur. Namun, Dedi memastikan kondisi atlet Jabar dalam kondisi siap tempur setelah menjalani berbagai persiapan. 

"Kita sudah lakukan pelatda, tiga bulan ini juga kita sudah lakukan karantina agendanya juga sudah kita lakukan terus. Dari aspek persiapan dan pelatihan atlet Peparnas Jabar ini lebih siap dibandingkan yang lain. Gambaran seperti itu makanya kita optimis untuk menjadi juara umum," paparnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement