Ahad 09 Jan 2022 22:30 WIB

Pulihkan dari Pandemi, Pramuka di Sukabumi Didorong Adaptif

Gerakan Pramuka harus adaftif seperti menjadi relawan Covid dan isoman.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pulihkan dari Pandemi, Pramuka di Sukabumi Didorong Adaptif (ilustrasi).
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Pulihkan dari Pandemi, Pramuka di Sukabumi Didorong Adaptif (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Gerakan pramuka di Kota Sukabumi didorong untuk adaptif dan responsif. Khususnya dalam upaya pemulihan ekonomi dari dampak pandemi.

Hal ini mengemuka dalam pelantikan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kota Sukabumi masa bhakti 2021-2026 digelar di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Sabtu (8/1) lalu. Hadir dalam momen tersebut Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Baca Juga

''Kami mengucapkan terimakasih kepada Kwarda Jabar yang memfasilitasi kegiatan hingga lancarnya pelantikan kwarcab Kota Sukabumi,'' ujar Ketua Mabicab Pramuka Kota Sukabumi sekaligus Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Ia bersyukur pengurus kwarcab 2021-2026 memadukan dan kolaborasikan unsur pendidikan, kalangan muda dan senior tergabung dalam kepengurusan.

Fahmi menggatakan, gerakan pramuka khususnya di kota harus melakukan dua hal di tengah situasi saat ini. Pertama harus adaptif dengan situasi sejalan dengan pesan Mabida jabar yakni perencanaan, pelaksanaan dan percepatan pembangunan yang didesain sebelum terjadinya pandemi harus diubah setelah memasuki masa tersebut.

 

''Intinya amanah dari ka mabida harus beradaftasi dengan kondisi,'' kata Fahmi. Sehingga ia menitipkan pengurus kwarcab untuk beradaptasi dengan situasi saat ini dan lakukan perencanaan program yang berbeda dalam kerangka pemulihan pasca pa demi.

Kedua bagaimana gerakan pramuka reponsif dengan situasi yang ada. Apalagi permasalahan kemanusiaan akan senantiasa ada di tengah warga dan bukan hanya kesehatan ekonomi, pendidikan dan berbagai dinamika gerakan pramuka harus resfonsif dengan situasi dan keadaan yang ada.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan, gerakan Pramuka harus adaftif seperti menjadi relawan Covid dan isoman. Sukabumi sebagai kota idaman dengan nyamannya sebagai kekuatan jadikan penggerak.

''Dengan 400 ribu pendusuk akan ada banyak permasalahan dan tantangan perkembangan teknologi persaingan, degradasi moral, dan isu lingkungan,'' imbuh Atalia. Yang dilakukan menguatkan diri dan harus bersama-sama bergerak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement