Jumat 29 Apr 2022 22:01 WIB

Harga Daging Sapi di Cianjur Tembus Rp 160 Ribu per Kilogram

Harga daging sapi di Cianjur diprediksi akan terus naik hingga H-2 Lebaran.

Harga daging sapi di Cianjur diprediksi akan terus naik hingga H-2 Lebaran.
Foto: ANTARA/Olha Mulalinda
Harga daging sapi di Cianjur diprediksi akan terus naik hingga H-2 Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Harga daging sapi di pasar tradisional Cianjur, Jawa Barat, merangkak naik dari Rp 140 ribu menjadi Rp 160 ribu per kilogram, kenaikan diprediksi akan terus terjadi hingga H+2 Lebaran.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Cianjur, Tohari Sastra di Cianjur Jumat (29/4/2022), mengatakan, pihaknya tetap melakukan pengawasan dan pemantauan harga setiap hari menjelang hari raya, guna melakukan antisipasi agar harga tidak melambung.

Baca Juga

"Kita terus pantau kenaikan harga agar tidak sampai melambung tinggi, memasuki H-3 Lebaran sejumlah harga kebutuhan pokok dan daging merangkak naik. Daging saat ini dijual Rp 160 ribu per kilogram dari Rp 140 ribu per kilogram, kenaikan juga terjadi pada daging ayam," katanya.

Ia menjelaskan, untuk daging ayam yang sempat turun setelah puasa, kembali naik menjadi Rp 42 ribu per kilogram dari Rp 35 ribu per kilogram. Sedangkan harga bahan pangan mulai merangkak naik dengan kenaikan rata-rata Rp 2.000 sampai Rp 3.500 per kilogram. Namun pihaknya memprediksi kenaikan harga tidak sampai melambung dan akan terjadi hingga dua hari setelah hari raya harga akan kembali turun meski tidak langsung ke harga normal.

"Kita berharap tidak sampai melambung perkiraan harga tertinggi daging Rp 180 per kilogram," katanya.

Kasubag UPTD Pasar Ciranjang, Iwan, mengatakan harga kebutuhan pokok terutama daging mengalami kenaikan sejak H-7 Lebaran, dimana tingkat pemakaian menjelang lebaran meningkat dan diperkirakan akan menyentuh angka Rp 180 ribu per kilogram satu hari menjelang lebaran.

"Untuk daging sapi diperkirakan akan sampai di Rp 180 ribu per kilogram dan daging ayam di angka Rp 55 ribu per kilogram. Kenaikan tidak akan sampai melambung karena akan berdampak terhadap penjualan," katanya.

Sementara sejumlah pedagang di pasar tradisional di Cianjur, mulai mengalami peningkatan penjualan sejak dua hari terakhir, di mana penjualan per hari mencapai 100 kilogram dan diperkirakan akan terus meningkat hingga satu hari menjelang lebaran meski harga per kilogram Rp 160 ribu.

"Tiga hari menjelang Lebaran harga merangkak naik dan diperkirakan akan mencapai angka Rp 180 ribu per kilogram, sedangkan untuk daging ayam diperkirakan akan sampai di harga Rp 55 ribu per kilogram. Harapan kami sama jangan sampai melambung karena berdampak terhadap penjualan," kata pedagang daging di Pasar Induk Cianjur, Andri Wili.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement