Rabu 04 May 2022 16:50 WIB

Disdik Jabar Buat Surat Edaran, Putuskan Siswa Masuk Sekolah 12 Mei

Bila merujuk pada kalender pendidikan Jabar, masuk sekolah dimulai tanggal 11 Mei 202

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat mengeluarkan surat edaran terkait jadwal masuk sekolah setelah libur hari Raya Idul Fitri 2022. Dalam surat edaran yang diterbitkan Disdik Jabar itu, disebutkan peserta didik di Jabar akan kembali masuk sekolah pada Kamis 12 Mei 2022. 

Perlu diketahui, bilamana merujuk pada kalender pendidikan Jawa Barat sebelumnya, siswa SMA, SMK dan SLB akan kembali masuk sekolah pada Rabu 11 Mei 2022. Bahkan di level SD, SMP akan kembali masuk sekolah pada hari Senin tanggal 9 Mei 2022, bersamaan dengan masuknya hari kerja setelah pasca-cuti bersama Idul Fitri.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi, diundurnya jadwal masuk sekolah di Jawa Barat setelah Idul Fitri ini dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk menghindari arus mudik. "Dalam rangka menindaklajuti arahan dari Bapak Presiden maka Disdik Jawa Barat telah menyebarkan edaran kepada kabupaten/kota. Sehingga kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022," ujar Dedi Supandi, Rabu (4/5).

Dedi mengatakan, kepada siswa maupun tenaga kependidikan di Jawa Barat agar turut menghindari arus mudik seperti yang diimbau oleh Presiden Joko Widodo. Dedi juga mendoakan agar siswa maupun tenaga kependidikan yang menjalani aktivitas mudik agar selamat sampai tujuan.

"Karena diprediksi akan banyak sekali kendaraan yang akan masuk ke Jabar khususnya di tanggal 6,7,8 Mei. Karena itu, Disdik Jabar mengeluarkan edaran agar kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022 ini," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi pada momen Idulfitri tahun ini untuk kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik. Pemerintah sendiri memprediksi bahwa puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6-8 Mei 2022.

"Setelah kita merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman, tentu kita akan kembali ke tempat masing-masing untuk bekerja, maupun beraktivitas lainnya. Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022," ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangannya di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada Selasa, 3 Mei 2022.  

"Untuk menghindari kepadatan arus balik, dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak Bapak, Ibu dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik. Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement