Sabtu 10 Sep 2022 01:42 WIB

Jabar Juara Umum O2SN Tingkat Nasional, Kadisdik: Siswa Jabar tak Jago Kandang

Jabar sukses mendapatkan 9 medali emas, 4 medali perak dan 5 perunggu.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Jabar Juara Umum O2SN Tingkat Nasional, Kadisdik: Siswa Jabar tak Jago Kandang (ilustrasi).
Foto: Istimewa
Jabar Juara Umum O2SN Tingkat Nasional, Kadisdik: Siswa Jabar tak Jago Kandang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Penantian panjang Provinsi Jawa Barat meraih juara umum dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Nasional terbayar di tahun 2022 ini. 

Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya juara umum oleh Provinsi Jabar pada O2SN 2022 jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB SDLB/SMPLB Tingkat Nasional yang digelar secara hybrid dari 4—9 September 2022.

Baca Juga

Dalam gelaran O2SN 2022 ini, Jabar sukses mendapatkan 9 medali emas, 4 medali perak dan 5 perunggu. Dengan raihan ini,  membuat Jabar berhasil berada di posisi pertama pada tabel juara umum, diikuti oleh Jawa Timur di urutan dua dan DKI Jakarta urutan tiga.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi, dengan hasil gemilang sebagai juara umum di O2SN 2022 membuktikan bahwa Jabar tidak hanya jago kandang. Mengingat pada gelaran tahun 2016 lalu Jabar sebagai tuan rumah mampu meraih prestasi yang sama. 

"Alhamdulillah setelah cukup lama, tujuh tahun kita menantikan prestasi ini dan ternyata siswa dan siswi Jabar tidak hanya jago kandang. Di era Gubernur Ridwan Kamil akhirnya Jawa Barat kembali keluar sebagai juara umum di O2SN," ujar Dedi Supandi, Jumat (9/8). 

Dedi Supandi pun mengapresiasi delegasi Jabar yang notabene siswa dan siswi atas sumbangan prestasinya di hajat olah raga bergengsi antar siswa di Indonesia tersebut. Keberhasilan yang diraih siswa siswi pada O2SN 2022 menunjukan bahwa slogan "Lahir" dari "Jabar Juara Lahir Batin" dapat direalisasikan oleh siswa dan siswi di bidang olahraga.

Dedi berharap, sesuai dengan tema 02SN tahun ini, yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Berprestasi Lebih Hebat” maka kesuksesan yang diraih oleh atlet asal Jabar tidak hanya sekadar harus dipertahankan. Namun perlu ada pengembangan, karena mereka akan menjadi delegasi Indonesia untuk mentas di gelaran skala internasional suatu saat nanti.

"Ke depan, saya sangat berharap terus bermunculan generasi unggul dari Jabar di bidang olah raga, yang tidak hanya mengharumkan nama kota ataupun provinsi. Namun semangat ini harus tetap dijaga agar mereka kembali menunjukan prestasi, bahkan di event-event internasional," paparnya.

Gelaran O2SN sendiri mempertandingkan 9 cabang olah raga. Yakni, pencak silat dan karate untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah (Dikdasmen), Tolak Peluru, Bocce, Tenis meja, Bulu Tangkis, Basket, Balap kursi roda, serta Lompat Jauh Tanpa Awalan untuk jenjang pendidikan khusus (Diksus). Adapun total medali yang diperebutkan dalam O2SN tahun 2022 berjumlah 84 medali. Rinciannya, 24 medali emas, 24 medali perak serta 36 medali perunggu.

Dedi Supandi tak lupa menyampaikan terima kasih kepada kontingen baik itu atlet, pelatih maupun pendamping asal Jabar yang telah bekerja keras dari mulai tahap seleksi penyisihan di kota dan kabupaten. Dedi pun menginginkan agar peraih medali pada gelaran ini tidak cepat puas diri. 

"Siswa dan siswi Jabar yang telah mendapatkan medali di 02SN, semoga dapat terus mengembangkan bakatnya. Termasuk juga yang belum berhasil meraih medali, jangan kendur semangatnya. Karena jalan masih panjang, kesuksesan dapat diraih jika terus mengasah kemampuan," paparnya.

Tidak hanya soal prestasi, menurut Dedi Supandi, siswa dan siswi harus memahami pentingnya olahraga khususnya dalam meningkatkan kesehatan. Dengan begitu, maka akan menjadi benteng dari berbagai permasalahan kesehatan yang saat ini tengah dihadapi, seperti Covid-19 maupun penyakit lainnya.

"Dengan tubuh yang sehat, siswa dan siswi dapat tetap produktif dan terhindar dari ancaman penyakit," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement