Rabu 18 Jan 2023 00:13 WIB

Wooowww...Ridwan Kamil Nekad Berlari Pakai Safari, Ada Apa!

Di tengah berlari kecil itu, Emil sempat berhenti sejenak dan bertegur sapa dengan Ga

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Presiden Jokowi
Foto: Setpres
Presiden Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjukkan aksi nekadnya saat akan menghadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Se-Indonesia yang dibuka Presiden Joko Widodo, pukul 09.00, pada Selasa (17/1/2023). Karena khawatir terlambat akibat macet, pria yang akrab disapa Emil tersebut turun dari kendaraan dan berlari walaupun menggunakan pakaian safari. 

Awalnya Emil menggunakan kendaraan dinas menuju tempat acara di Sentul International Convention Centre (SICC), Kota Bogor. Namun karena macet, Gubernur memutuskan turun dan berlari kecil sampai ke SICC. Kendaraan menuju SICC memang mengular dan membuat macet dikarenakan datang dari seluruh Indonesia. 

Dari raut mukanya, Emil tampak semangat saat berlari. Di tengah berlari kecil itu, Emil sempat berhenti sejenak dan bertegur sapa dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 ini mengusung tema 'Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi'. Rakornas yang dihadiri 4.545 peserta ini akan terbagi dalam empat panel.

 

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas kerja keras semua pihak, baik pusat maupun daerah, sehingga pandemi COVID-19 di Tanah Air dapat dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi dapat terjaga.

“Alhamdulillah, pandemi berhasil kita kelola dan kita kendalikan dengan baik, dan stabilitas ekonomi juga bisa kita _manage_, kita pertahankan sehingga berada pada posisi yang sangat baik. Ini berkat kerja keras kita semuanya,” ujar Jokowi.

Di tengah pandemi dan perlambatan ekonomi di sejumlah negara, Indonesia juga mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang baik. Pada kuartal III/2022 ekonomi Indonesia mampu tumbuh 5,72 persen dan di kuartal IV-2022 diperkirakan tumbuh 5,2 hingga 5,3 persen.

“Ini sebuah prestasi yang sangat baik sekali, karena di kuartal III kita bisa tumbuh 5,72. Bandingkan dengan negara-negara lain,” katanya.

Meskipun mampu melalui tahun turbulensi ekonomi di 2022 dengan baik, kata Presiden, Indonesia harus tetap hati-hati dan waspada karena tahun 2023 masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi global.

“Semuanya harus hati-hati, harus bekerja keras semuanya mendeteksi informasi-informasi dan data-data yang ada di lapangan sehingga jangan sampai kita keliru membuat kebijakan. Sekecil apapun kebijakan itu harus berbasis pada data dan fakta-fakta di lapangan,” tutup Presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement