Senin 23 Jan 2023 12:36 WIB

Guru Terduga Lecehkan Siswa di Bulukumba Terancam 15 Tahun Penjara

Polisi melakukan penahanan terhadap Mu karena dikhawatirkan akan melarikan diri.

Setop pelecehan seksual (ilustrasi).
Foto: Dok Kemendikbud
Setop pelecehan seksual (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Seorang Guru di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, berinisial Mu yang dilaporkan melecehkan muridnya sendiri, sudah ditahan. Akibat aksi bejatnya itu, dia terancam hukuman 15 tahun penjara.

"Pasal yang dikenakan yakni Pasal 82 ayat 1 dan 2 Jo pasal 76 E UU Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun," kata Kasat Reskrim Polres Bulukumba AKP Abustam melalui keterangan pers yang diterima di Makassar, Ahad (22/1/2023).

Dia mengatakan, Mu sudah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan. Hanya saja, kepolisian masih mendalami kondisi psikologi tersangka. "Masih kita dalami," ujar AKP Abustam lagi.

Pada Kamis (19/1/2023), polisi melakukan penahanan terhadap Mu karena dikhawatirkan akan melarikan diri. Dalam kasus ini, polisi telah memeriksa beberapa saksi. Saat ini juga, polisi masih merampungkan berkas perkara.

"Segera dirampungkan berkas perkaranya dan kirim ke JPU (Jaksa Penuntut Umum)," ujar AKP Abustam.

Sekadar diketahui, pada Kamis (18/12/2022) Mu dilaporkan telah melakukan pelecehan seksual terhadap muridnya, Ar (10) pada Selasa (6/12/2022), sekira pukul 08.30 Wita.

Ar menceritakan bahwa saat mengerjakan soal ujian, tiba-tiba sang guru yang berinisial Mu datang dari arah belakang. Ia serta merta memegangi salah satu anggota tubuh yang sensitif.

"Dia (Mu) pegang dadaku dari arah belakang. Saya ji yang napegang. Setelah itu, dia bilang marahko?. Saya jawab tidak, karena takut ka," ungkapnya dalam dialek Makassar.

Dalam keadaan takut, Ar kemudian mengajak salah seorang temannya untuk ke toilet sekolah. Ia berniat, untuk menceritakan ke temannya itu. Namun, tanpa ia sadari, sang guru mengikutinya.

"Saya takut. Saya ke kamar mandi. Naikkuti ka sampai kamar mandi," kata Ar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement