Kamis 26 Jan 2023 16:00 WIB

Nasdem Klaim Pembicaraan Koalisi dengan Demokrat-PKS Hampir Rampung

Komunikasi NasDem, Demokrat, dan PKS bejalan dinamis.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem - Ahmad M. Ali
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem - Ahmad M. Ali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali berharap pihaknya juga dapat membentuk Sekretariat Bersama (Sekber) seperti Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Harapan tersebut disampaikannya, karena komunikasi dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) disebutnya hampir rampung.

"Pembicaraan kami dengan PKS dan Demokrat juga sangat serius dan juga hampir rampung, tetapi sekali lagi bahwa politik itu sangat dinamis," ujar Ali di Sekber Partai Gerindra-PKB, Jakarta, Kamis (26/1).

Baca Juga

Ali beberapa hari lalu menyebut, Partai Nasdem tengah mencari alternatif koalisi untuk mengusung Aniea sebagai calon presiden (capres). Namun usai pertemuan tersebut, dia mengeklaim, bahwa alternatif tersebut belum dipikirkan pihaknya.

"Tentunya menjadi hal yang wajar kalau kemudian hari ini kita berkunjung. Hari ini kami belum berpikir untuk mencari alternatif, karena pembicara kamu dengan PKS dan Demokrat juga sangat serius dan juga hampir rampung," ujar Ali.

Partai Gerindra dan PKB adalah dua pihak yang telah bersepakat menjalin kerja sama politik untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024. Sedangkan Partai Nasdem disebutnya terus menjalin komunikasi dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Terus bagaiamana dengan Nasdem, PKS, Demokrat? Tetap berkalan baik-baik saja, sedang dalam berkomunikasi, doakan juga seperti Gerindra dan PKB segera untuk membuat Sekber," ujar anggota Komisi III DPR itu.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak, Partai Nasdem dan PKS untuk segera membentuk Sekretariat Perubahan. Pembentukannya sebagai bukti keseriusan dan komitmen Partai Demokrat untuk mewujudkan Koalisi Perubahan.

"Koalisi Demokrat, PKS, dan Nasdem dipersatukan oleh visi dan semangat yang sama, senasib dan seperjuangan, untuk mengemban amanah rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujar AHY lewat keterangan tertulisnya, Kamis (26/1).

Kerja tim kecil Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS diklaimnya sudah mendekati tahap final. Dengan rentang waktu komunikasi lebih dari enam bulan, sudah cukup untuk mengambil keputusan yang penting dan fundamental. 

Adapun terkait bakal calon presiden (capres), sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan. "Bagi Demokrat, Mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan," ujar AHY.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement