Selasa 31 Jan 2023 13:50 WIB

Isu Penculikan, Wali Kota Bandung Minta Orang Tua dan Sekolah Awasi Anak

Orang tua di Bandung diminta memantau anak saat pergi dan pulang sekolah.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Wali Kota Bandung Yana Mulyana.
Foto: Dea Alvi Soraya/Republika
Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, isu penculikan anak di sejumlah daerah sudah dinyatakan hoaks oleh pihak kepolisian. Meski demikian, ia mengimbau orang tua tetap waspada.

Yana meminta orang tua menjaga dan mengawasi anak. Termasuk saat anak pergi ke sekolah dan pulang dari sekolah. “Perjalanan (anak pulang dari) sekolah ke rumahnya ya ranah orang tuanya (untuk melakukan pengawasan),” kata dia di Balai Kota Bandung, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga

Ketika anak di sekolah, Yana mengatakan, menjadi tanggung jawab pihak sekolah untuk melakukan pengawasan. Sementara di luar lingkungan sekolah, orang tua anak yang lebih berperan. “Kan enggak mungkin sekolah ngawasin (siswa) sampai rumah. Tapi, kalau di sekolah, ya sekolah yang punya kewajiban,” kata Yana.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung Uum Sumiati mengimbau orang tua tidak membiarkan anak bepergian sendiri. “Anak juga lebih berhati-hati. Kalau sudah beres sekolah, apabila tidak ada keperluan lain, ya langsung pulang,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement