Ahad 05 Feb 2023 06:58 WIB

Perempuan Jabar Harus Bisa Berdaya tak Hanya Mengurus Rumah Tangga

Dalam bidang pendidikan, ibu adalah madrasah utama bagi anak-anaknya. 

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Ketua Yayasan Darul Hikam sekaligus Anggota DPR RI Dapil Jabar, Sodik Mudjahid  saat menjadi pembicata di pengajian rutin bulanan PW WSI Jawa Barat dengan tema
Foto: Istimewa
Ketua Yayasan Darul Hikam sekaligus Anggota DPR RI Dapil Jabar, Sodik Mudjahid saat menjadi pembicata di pengajian rutin bulanan PW WSI Jawa Barat dengan tema "Peranan Peran WSI dalam Peningkatan Kualitas Muslimah Indonesia di Masjid Darul Hikam Dago Bandung, Sabtu (4/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Di era digital saat ini, selain mengurus rumah tangga, perempuan juga harus bisa berdaya. Ini agar, ketahanan keluarganya semakin kuat. Hal ini lah yang menjadi fokus dari Wanita Syarikat Islam (WSI). 

Menurut Penasehat WSI Kota Bandung, Mari Marhamah, fokus WSI pun lebih spesifik terhadap pemberdayaan ekonomi perempuan dan pendidikan. "Oleh sebab itu, atas instruksi dari WSI pusat bahwa kegiatan kita fokus di dua bidang itu. Pemberdayaan ekonomi perempuan dan pendidikan anak," ujar Mari di sela-sela acara pengajian rutin bulanan PW WSI Jawa Barat dengan tema "Peranan Peran WSI dalam Peningkatan Kualitas Muslimah Indonesia di Masjid Darul Hikam Dago Bandung, Sabtu (4/2).

Mari menilai, pemberdayaan perempuan dalam bidang ekonomi akan sangat membantu perekonomian keluarga. Apalagi, saat pandemi kemarin, dampak perekonomian itu sangat terasa berat bagi masyarakat. 

"Makanya, wanita juga harus berdaya secara ekonomi untuk membantu pertahanan keluarga, tanpa melupakan kodratnya sebagai ibu," katanya.

Selain itu, kata dia, dalam bidang pendidikan, ibu adalah madrasah utama bagi anak-anaknya. Jadi, ibu dituntut untuk mendidik anak-anaknya menjadi anak yang saleh dan salehah. Tentu, mendidik anak ini harus ada ilmu dan pengetahuannya.

"Maka, kegiatan kita selalu mengarah ke arah pemberdayaan ekonomi dan pendidikan bagi perempuan. dalam waktu dekat kita bekerjasama dengan Unisba akan menggelar seminar soal pendidikan anak usia dini (PAUD). Dalam seminar itu kita undang pakar dan psikolog," papar Mari.

Ketua Yayasan Darul Hikam sekaligus Anggota DPR RI Dapil Jabar, Sodik Mudjahid mengatakan, WSI Jabar harus terus berkembang. Ia mengapresiasi WSI yang memfokuskan pada bidang pemberdayaan ekonomi dan pendidikan. Pendidikan utama di keluarga adalah orangtuanya, termasuk ibu. 

Apalagi, belum lama ini semua dikejutkan dengan banyaknya kasus hamil di luar nikah yang membuat anak harus mengajukan dispensasi pernikahan. "Anak-anak memang berkembang sesuai zamannya. berbeda dengan kita dulu. Sekarang zamannya milenial dan zilenial dengan zaman yang serba digital. Banyak kasus yang menimpa anak-anak kita. Yang terkadang tidak kita prediksi dan aneh-aneh," katanya.

Oleh sebab itu, katanya, dibutuhkan peran ibu. Ibu dan tentu ayahnya harus memberikan pendidikan yang ekstra kepada anaknya.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement