Selasa 07 Feb 2023 20:23 WIB

Kebakaran 25 Rumah di Margahayu, Bupati Dorong Bantuan Pembangunan Kembali

Kebakaran di wilayah Margahayu dilaporkan berdampak terhadap 102 jiwa.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Kondisi sejumlah rumah warga yang dilanda kebakaran di Kampung Kebon Kalapa, Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Selasa (7/2/2023).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Kondisi sejumlah rumah warga yang dilanda kebakaran di Kampung Kebon Kalapa, Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Selasa (7/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Sekitar 25 rumah warga dilanda kebakaran di Kampung Kebon Kalapa, Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung tengah melakukan asesmen dampak kebakaran untuk menyiapkan bantuan pembangunan kembali rumah warga.

Kebakaran di permukiman itu dilaporkan terjadi pada Senin (6/2/2023) malam. Kebanyakan rumah yang terbakar merupakan bangunan semipermanen. Bupati Bandung Dadang Supriatna meninjau langsung lokasi terdampak kebakaran. “Prihatin musibah ini, 12 menit bisa ludes 25 unit. (Diduga kebakaran) Berawal dari lilin,” ujar Bupati, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga

Musibah kebakaran itu dilaporkan berdampak terhadap sekitar 102 jiwa. Sejumlah warga terdampak kebakaran dikabarkan mengungsi sementara ke rumah kerabat. Menurut Bupati, bantuan logistik disalurkan kepada warga terdampak kebakaran. Kantor desa pun membuka posko korban kebakaran dan posko untuk kebutuhan makan warga terdampak.

Bupati mengaku sudah meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten melakukan asesmen dampak kebakaran. Selain itu, terkait penggunaan anggaran belanja tidak terduga (BTT) untuk membantu pembangunan kembali rumah warga yang terbakar. “Nilainya saya menunggu hasil rapat asesmen. Yang jelas, pembangunan kembali harus bisa segera dilaksanakan sebelum bulan puasa,” ujar Bupati.

 

 

photo
Sejumlah warga berada di area rumah yang hangus terbakar di Kampung Kebon Kalapa, Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/2/2023). - (Abdan Syakura/Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement