Rabu 26 Jun 2024 13:35 WIB

Pemkab Bandung Raih Tiga Penghargaan dari Pemerintah Australia

PDAM Tirta Raharja Dinobatkan Sebagai PDAM dengan Kinerja Terbaik di Indonesia

Red: Friska Yolandha
Pemkab Bandung menerima tiga penghargaan bergengsi terkait program air minum.
Foto: dok Republika
Pemkab Bandung menerima tiga penghargaan bergengsi terkait program air minum.

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG -- Pemkab Bandung menerima tiga penghargaan bergengsi terkait program air minum. Tiga penghargaan bergengsi tersebut diterima langsung oleh Bupati Bandung Dadang Supriatna didampingi Direktur Utama PDAM Tirta Raharja di Hotel Sheraton, Yogyakarta, Rabu (26/6/2024).

Pemkab Bandung melalui BUMD PDAM Tirta Raharja meraih penghargaan bergengsi sebagai Juara 1 Perolehan Nilai Hibah Tertinggi dari pemerintah Australia dalam kegiatan Closing Program Hibah Air Minum Berbasis Kinerja (HAMBK). Selain itu, Pemkab Bandung sukses meraih dua penghargaan lainnya yakni Juara Umum ke-3 dalam komitmen Pemda berupa PMPD, perhatian Pemda atas pelaksanaan program, keterlibatan direksi, keaktifan tim, dan pencapaian kinerja kuantitatif.

Baca Juga

Ketiga, Pemkab Bandung dan PDAM Tirta Raharja juga meraih penghargaan Best Of The Best sebagai PDAM dengan kinerja terbaik di Indonesia.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Direktur PDAM Tirta Raharja yang sudah memperlihatkan kinerja yang baik sehingga hari ini bisa menerima tiga penghargaan dan hibah dari Australia," ujar Bupati Dadang Supriatna usai menerima penghargaan.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu mengaku sangat bangga karena salah satu BUMD Pemkab Bandung tersebut juga dinobatkan sebagai salah satu pilot project oleh pemerintah Australia dengan meriah Best Of The Best PDAM.

"Ini apresiasi yang sangat luar biasa dan semoga menjadi motivasi untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Bandung. Selamat untuk PDAM Tirta Raharja," ungkap Kang DS, sapaan akrab Bupati.

Dijelaskan Kang DS, karena kinerjanya yang baik Perumda Tirta Raharja Kabupaten Bandung telah menerima dana hibah dari Pemerintah Australia selama empat tahun berturut-turut.

Bahkan khusus untuk tahun 2024, hibah pemerintah Australia untuk Perumda PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung mencapai Rp 10,2 miliar. Hibah itu merupakan hibah terbesar yang diberikan Australia bagi PDAM di Indonesia.

Dana hibah itu disampaikan langsung oleh Duta Besar Australia untuk Perubahan Iklim, Kristin Tilley, kepada Bupati Bandung Dadang Supriatna.

"Alhamdulillah, kita sudah empat tahun berturut-turut mendapatkan bantuan hibah dari Kedubes Australia. Total selama tiga tahun mencapai Rp 13,1 miliar. Khusus tahun ini besarnya Rp 10,2 miliar," ungkap Kang DS sambil tersenyum.

Bupati yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Dinas PUPR Kabupaten Bandung yang telah bersinergi sehingga PDAM dapat memenuhi 15 indikator penilaian.

"Saya juga sampaikan terima kasih kepada seluruh karyawan PDAM dan PUPR yang telah bekerjasama sehingga PDAM bisa mendapatkan penghargaan yang begitu banyak. Saya persembahkan penghargaan ini untuk masyarakat Kabupaten Bandung," tutur Bupati Bedas.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Raharja Teddy Setiabudi mengucapkan terima kasih atas support luar biasa dari Bupati Dadang Supriatna selaku kuasa pemilik modal (KPM) PDAM Tirta Raharja yang selama ini senantiasa mendukung baik dari sisi pembiayaan, kinerja dan dukungan lainnya.

"Alhamdulillah berkat dukungan Pak Bupati, PDAM Tirta Raharja bisa seperti saat ini. Alhamdulillah kami mendapatkan

tiga penghargaan hari ini dan dijadikan pilot project," ujar Teddy.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para dewan pengawas dan stakeholder lainnya baik legislatif dan eksekutif yang selama ini mendukung PDAM dalam upaya peningkatan kinerja perusahan dan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Bandung.

"Penghargaan ini juga merupakan persembahan untuk masyarakat Kabupaten Bandung dan seluruh karyawan PDAM Tirta Raharja yang senantiasa solid dan bekerja keras untuk peningkatan kinerja perusahaan," ujar Teddy.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement