Jumat 04 Oct 2024 18:58 WIB

PT PAL Indonesia Gandeng ITB Cetak Generasi Maritim Unggul

Kolaborasi ITB dan PT PAL sangat penting dalam mendorong riset dan inovasi

Red: Arie Lukihardianti
PT PAL Goes to Campus digelar di ITB
Foto: Dok Republika
PT PAL Goes to Campus digelar di ITB

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG-- PT PAL Indonesia bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) sepakat bekerja sama untuk mencetak generasi maritim unggul. Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dilakukan oleh kedua pihak dalam acara PAL Goes to Campus, di Aula Timur Ganesha ITB, Jum'at (04/10).

Menurut CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod, kolaborasi antara PT PAL dengan ITB merupakan langkah signifikan dalam meningkatkan sinergi antara industri dan pendidikan. Kerja bersama tersebut, sejalan dengan visi PT PAL Indonesia dalam membawa teknologi maritim terkini ke dunia nyata, di mana mahasiswa dan peneliti dapat berkontribusi pada pembangunan nasional.

Baca Juga

"Kami tidak hanya mencetak talenta masa depan tetapi juga mempercepat inovasi maritim untuk kepentingan bangsa," katanya.

Kaharuddin mengatakan, perkembangan paradaban maritim tidak hanya berhenti pada mereka yang terkait di bidang maritim, namun juga membutuhkan keterlibatan multidisiplin ilmu. Ia pun mengajak civitas akademika dan mahasiswa ITB untuk bersama-sama mengambil langkah untuk memperkuat kembali potensi ekonomi dan kemandirian di sektor maritim.

"Kini saatnya kita memanfaatkan potensi yang ada demi kesejahteraan rakyat Indonesia. Mahasiswa harus memahami betapa pentingnya inovasi, dedikasi, dan penerapan teknologi, karena inilah yang akan mendorong kemajuan bangsa kita," katanya.

Sementara menurut Rektor ITB Prof Reini Wirahadikusuma Ph D dalam sambutannya yang disampaikan oleh Direktur Penerapan Ilmu & Teknologi Multidisiplin ITB Prof Ir Taufan Marhaendrajana MSc PhD, kolaborasi antara institusi pendidikan seperti ITB dengan perusahaan maritim seperti PT PAL sangat penting dalam mendorong riset dan inovasi.

Prof Taufan mengatakan, program-program studi yang fokus pada kelautan, teknologi maritim, dan pertahanan menjadi kunci untuk mencetak sumber daya manusia yang kompeten di bidang maritim. "Melalui acara ini kami berharap agar menjadi tindak lanjut dari berbagai kolaborasi strategis di masa depan antara ITB dan PT PAL," kata Taufan Marhaendrajana.

Kehadiran PT PAL di ITB merupakan rangkaian dari kegiatan PAL Goes to Campus yang sudah digelar di beberapa kampus ternama, yakni Institut Tekonologi 10 November (ITS) Surabaya, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

PAL goes to Campus juga menghadirkan kuliah umum tentang Kebangkitan Peradaban Maritim Indonesia oleh CEO PT PAL, Kaharuddin Djenod, pameran mini, dan bimbingan karir di PT PAL Indonesia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement