Sabtu 07 Oct 2023 15:23 WIB

Peringati World Habitat Day, Pegadaian Kanwil X Tanam 10 ribu Pohon Mangrove

Pegadaian konsisten turut lestarikan lingkungan.

Red: Sandy Ferdiana
 PT Pegadaian Wilayah X Jabar bersama sejumlah pihak menanam 10 ribu pohon mangrove di area lautan Cirebon, belum lama ini.
Foto: Istimewa
PT Pegadaian Wilayah X Jabar bersama sejumlah pihak menanam 10 ribu pohon mangrove di area lautan Cirebon, belum lama ini.

REJABAR.CO.ID,  CIREBON – Sedikitnya 10 ribu pohon mangrove ditanam di area pantai di Desa Pangarengan, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (6/10/2023). PT Pegadaian Wilayah X Jawa Barat terlibat aktif dalam penanaman pohon tersebut, dalam rangka World Habitat Day yang biasa diperingati setiap 3 Oktober.

photo
Lestarikan hutan pesisir pantura dengan menanam mangrove. - (Istimewa)

Kegiatan itu dimotori PT Pegadaian Wilayah X Jabar bersama sejumlah pihak dalam upaya pelestarian hutan mangrove di are lautan Cirebon. Pihak lainnya yang terlibat dalam aksi penanaman pohon itu, di antaranya Dinas Kehutanan Provinsi Jabar, Lanal Cirebon, Dinas Lingkungan Hidup, Organisasi lingkungan HPAI, dan warga Desa Pangarengan.

PT Pegadaian Wilayah X Jabar beranggapan, keberlangsungan hutan mangrove perlu dijaga, karena menjadi benteng alami dalam melindungi pesisir dari erosi dan serangan gelombang besar. Akar-akar mangrove yang kuat efektif menjaga tanah di sekitar garis pantai.

Selain itu, hutan mangrove juga menjadi tempat hidup dan sumber makanan bagi sejumlah jenis satwa. Pemimpin PT Pegadaian Wilayah X Jawa Barat Muh Ariyadi Purwanto mengatakan, penanaman pohon mangrove di area pantai di Cirebon merupakan bentuk konsistensi Pegadaian dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

‘’Salah satunya, yakni mendukung dalam kegiatan pelestarian hutan mangrove,’’ ujarnya. Pegadaian, tegas dia, berkewajiban turut menjaga kelestarian lingkungan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jabar Dodit Ardian Pancapana menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Pegadaian Kanwil X Jabar. Dia menyatakan, inisiasi kegiatan penanaman 10 ribu pohon mangrove di wilayah Pantai Kabupaten Cirebon dalam kegiatan Habitat World Day, sangat berarti untuk lingkungan pesisir.

Kegiatan penanaman pohon mangrove tersebut dihadiri pula oleh Dodit Ardian Pancapana (Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat), Ahmad Subagja S.Hut  (Kepala Cabang Dinas Kehutanan wilayah VIII Cirebon), Mayor Marinir Jayusman (Palaksa/Wadan Lanal Cirebon), Fifi Erneti (Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas dan Pemulihan Lingkungan), Yuniati Effendi (Ketua DWP HPAI), Casardi (kepala Desa Pangarengan), dan Muh Ariyadi Purwanto (Pemimpin Pegadaian Wilayah X Jabar).

Kegiatan penanaman pohon mangrove pula menjadi momentum bagi Pegadaian untuk menjelaskan layanan Pegadaian Wilayah X Jabar yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Saat ini, Pegadaian Wilayah X Jabar menyediakan 5000-an agen Pegadaian, yang dapat melayani berbagai produk. Mulai dari gadai, KUR, pembiayaan cicil kendaraan, hingga investasi emas.

‘’Pegadaian berkomitmen untuk terus memberikan kemanfaatan kepada masyarakat melalui produk dan layanan terbaik maupun implementasi tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL),’’ tandasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement