Selasa 01 Oct 2024 10:25 WIB

KPU Kota Bandung Mulai Terima Surat Suara Pilkada Serentak

KPU Kota Bandung telah menerima kotak suara 3.000 unit dari kebutuhan 7.360 unit

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Kotak Suara (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Irfan Anshori
Kotak Suara (Ilustrasi)

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung mulai menerima surat suara dari KPU RI pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. Total surat suara yang akan diterima kurang lebih mencapai 4 juta untuk 1,8 juta lebih daftar pemilih tetap (DPT) dikali 2,5 persen. 

"Hampir 4 juta (surat suara pilwalkot) dengan pilgub, sesuai DPT dikali dua setengah persen," ujar Ketua KPU Kota Bandung Khoirul Anam Gumilar, Selasa (1/10/2024).

Baca Juga

Khoirul mengatakan, saat ini bilik suara untuk Pilwalkot sudah lengkap. Pihaknya tengah menerima kotak suara kurang lebih 3.000 unit dari kebutuhan total mencapai 7.360 unit.

Khoirul menyebut total terdapat 11 item pendukung logistik yang disimpan di dua gedung milik KPU Kota Bandung untuk pilkada serentak. Untuk surat suara diperkirakan akan selesai disalurkan pada akhir Oktober.

Khoirul menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan rumah sakit dan lapas terkait tempat pemungutan suara (TPS) khusus. Sebagian petugas KPPS akan berasal dari pihak rumah sakit dan lapas. "Misalnya Rumah Sakit Sadikin, Santosa, Lapas jadi sebagian KPPs dari lapas," kata dia.

Pengamanan gedung pun, kata dia, dijaga ketat aparat kepolisian, Bawaslu. KPU Kota Bandung sendiri memiliki tim keamanan dan perangkat CCTV. Tahapan pemilu selanjutnya, ia mengatakan debat pasangan calon akan dilakukan pada tanggal 30 Oktober, 19 November dan kampanye akbar tanggal 8-9 dan 17-18.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement