Senin 07 Oct 2024 04:36 WIB

Gudang Logistik Pilkada Majalengka Dipastikan Aman, Dijaga Petugas dan Dipantau CCTV

Enam petugas keamanan yang berjaga di gudang setiap harinya.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Karta Raharja Ucu
Pilkada Serentak (Ilustrasi)
Foto: Antara/Rahmad
Pilkada Serentak (Ilustrasi)

REJABAR.CO.ID, MAJALENGKA -- KPU Kabupaten Majalengka memastikan gudang penyimpan losgitsik Pilkada 2024, aman. Tak hanya dijaga petugas keamanan, gudang yang terletak di Desa Paningkiran, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka itu juga dipantau CCTV 24 jam.

Kasubag Keuangan, Umum, dan Logistik KPU Kabupaten Majalengka, Efar Januar, mengatakan, ada enam petugas keamanan yang berjaga di gudang setiap harinya. Mereka berjaga secara bergantian.

"Penjagaan oleh petugas dibagi menjadi tiga shift per harinya. Jadi masing-masing shift ada dua personel keamanan yang bertugas," ujar Efar, Ahad (6/10/2024).

Efar mengatakan, pengamanan gudang logistik KPU Kabupaten Majalengka juga dibantu oleh Polres Majalengka dan polsek jajaran. Di antaranya, Polsek Sumberjaya, Polsek Leuwimunding, dan Polsek Palasah.

Polisi pun menerjunkan dua personel untuk bersiaga di gudang setiap harinya. Dengan demikian, total ada empat personel yang disiagakan berjaga di gudang tersebut.

"Terdiri dari dua petugas keamanan KPU dan dua polisi," katanya.

Selain menempatkan petugas, KPU Majalengka juga memasang CCTV di gudang logistik tersebut. Bahkan, CCTV itu bisa dipantau langsung dari KPU Kabupaten Majalengka.

Efar mengungkapkan, di gudang tersebut saat ini telah terdapat sejumlah logistik yang dibutuhkan dalam Pilkada Serentak 2024. Yakni, kotak suara dan tinta, yang tiba sejak Kamis (3/10/2024) lalu.

Adapun jumlah kotak suara yang diterima KPU Majalengka mencapai 3.400 buah, dan tinta sebanyak 4.222 botol. Namun, kotak suara Pilkada Majalengka 2024 yang telah diterima masih kurang dari kebutuhannya yang mencapai 4.274 buah. KPU Majalengka pun telah mengirimakan pengajuan penambahannya.

Sedangkan jumlah tinta yang diterima KPU Kabupaten Majalengka sebanyak 4.222 botol. Jumlah itu mencukupi berdasarkan total tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Majalengka yang berjumlah 2.111 TPS.

"Setiap TPS menerima dua botol tinta," jelas Efar.

Selain kotak suara dan tinta, KPU Majalengka sebelumnya juga menerima bilik suara sebanyak  8.444 buah. Ribuan bilik suara itu akan disebar di 2.111 TPS se-Kabupaten Majalengka.

"Setiap TPS akan menyediakan empat bilik suara. Jadi totalnya 8.444 buah bilik suara," ujar Efar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement