Sabtu 12 Oct 2024 23:16 WIB

KPU Jabar Siapkan TPS Ramah Disabilitas di Pilkada Serentak 2024

KPUI Jabar memastikan bahwa semua TPS berada di tempat yang mudah dijangkau

Red: Arie Lukihardianti
KPU Jabar menggelar Bimtek Tata Kelola Logistik Pasca Pemilu,
Foto: Dok Republika
KPU Jabar menggelar Bimtek Tata Kelola Logistik Pasca Pemilu,

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--KPU Jabar menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah disabilitas dalam persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wali Kota 2024. Menurut Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Barat, Hari Nazarudin, sejak tahap perencanaan KPU telah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk kelompok disabilitas. 

"Untuk kelompok tunanetra, setiap TPS diwajibkan menyediakan template atau alat bantu yang sesuai," ujar Hari usai acara Bimtek Tata Kelola Logistik Pasca Pemilu, akhir pekan ini.

Baca Juga

Oleh karena itu, Hari menekankan pentingnya aksesibilitas lokasi TPS, memastikan bahwa semua TPS berada di tempat yang mudah dijangkau. Selain itu, KPU Jabar juga akan menyiapkan Petugas Pelayanan (POM) khusus yang bertugas membantu pemilih disabilitas dan lansia. 

"Kami ingin memastikan bahwa semua pemilih, termasuk yang membutuhkan bantuan, dapat memberikan suara mereka dengan nyaman," katanya.

Sebelumnya, Hari juga menekankan pentingnya mitigasi terhadap kemungkinan keadaan darurat, seperti bencana atau cuaca buruk, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada pada 27 November 2024. Mengingat beberapa wilayah di Jabar berpotensi mengalami hujan, KPU Jabar telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi yang sesuai dengan kondisi masing-masing daerah.

"Kami harus memitigasi hal-hal yang harus kami antisipasi, karena setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda, seperti pegunungan, dataran, atau pesisir," katanya.

Dengan langkah-langkah ini, KPU Jabar berharap semua warga, termasuk penyandang disabilitas, dapat berpartisipasi aktif dalam pemilihan kepala daerah yang akan datang.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement