Kamis 04 May 2023 18:08 WIB

Empat Bulan, 52 Kejadian Bencana Terdata di Kota Sukabumi

BPBD Kota Sukabumi mencatat paling banyak kejadian bencana longsor.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Bencana tanah longsor.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
(ILUSTRASI) Bencana tanah longsor.

REJABAR.CO.ID, SUKABUMI — Berbagai bencana terjadi di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat, pada 2023. Sejak awal tahun hingga April 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mendata total 52 kejadian bencana.

BPBD Kota Sukabumi mencatat pada Januari 2023 dilaporkan satu kejadian bencana. Kemudian pada Februari naik menjadi 16 kejadian dan pada Maret 25 kejadian.

Baca Juga

“Pada April dilaporkan terjadi sebanyak sepuluh kasus bencana,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami, Kamis (4/5/2023).

Dilaporkan paling banyak kejadian bencana longsor. Berdasarkan data BPBD, terjadi 20 kejadian longsor. Kemudian 13 kejadian kondisi cuaca ekstrem, sembilan kasus kebakaran di permukiman, lima kejadian banjir, dan lima kejadian angin kencang.

Khusus pada April, Zulkarnain mengatakan, dari sepuluh kejadian bencana, empat di antaranya longsor. Lainnya tiga kasus kebakaran di permukiman, dua kejadian angin kencang, dan satu kejadian cuaca ekstrem.

Menurut Zulkarnain, kejadian bencana ini tersebar di sejumlah kecamatan. Paling banyak dilaporkan di wilayah Kecamatan Cikole. Selain itu, dilaporkan kejadian bencana di wilayah Kecamatan Citamiang, Gunungpuyuh, Warudoyong, Baros, dan Lembursitu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement