Rabu 28 Jun 2023 12:18 WIB

DPRD Jabar Komitmen Perjuangkan Pemekaran Daerah Otonomi Baru 

DPRD Jabar mengaku akan perjuangkan pemekaran Kabupaten Subang Utara

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wakil Ketua DPRD Achmad Ruhiyat mengatakan, pihaknya akan memperjuangkan proses pemekaran daerah otonomi baru hingga ke level pusat.
Foto:

Sementara menurut anggota DPR RI Ono Surono, pihaknya akan mendorong Pemerintah Pusat untuk mencabut moratorium sehingga pemekaran daerah otonomi baru di Jabar bisa berjalan dengan lancar. 

"Tadi sudah disampaikan oleh Pak Gubernur bagaimana mendorong Pemerintah Pusat untuk mencabut moratorium dan tentunya kita semua sepakat. Saya yakin semua fraksi di DPR sepakat karena memang harus ada keadilan pemekaran dan fiskal," kata Ono. 

Namun Ono mengungkapkan, pengusulan CDPOB tak hanya dilakukan oleh Provinsi Jabar. Hingga saat ini ada sekitar 200 CDPOB yang telah diusulkan ke Pemerintah Pusat. 

Menurut Ono, Pemda Provinsi Jabar dan DPRD harus mempersiapkan infrastruktur dasar untuk mendukung pemenuhan klasifikasi menjadi daerah otonomi baru. 

 

"Apabila Pemerintah Pusat mencabut moratorium dengan CDPOB yang sudah diusulkan dari seluruh Indonesia mungkin jumlahnya 200 lebih, tentunya Pemerintah Pusat membentuk tim yang akan mengklasifikasikan skala prioritas kabupaten/kota mana yang lebih diutamakan sehngga tentunya infrastruktur dasar itu harus disiapkan," paparnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement