Jumat 28 Jul 2023 06:08 WIB

Mikroplastik di Air Sungai Ciwulan Tasikmalaya Disebut Meningkat

Pemkot Tasikmalaya diminta membuat regulasi untuk mengurangi sampah plastik.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Kegiatan penelitian air aliran Sungai Ciwulan yang melintasi Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (26/7/2023).
Foto:

Rafika mengatakan, hasil penelitian air Sungai Ciwulan sudah pernah disampaikan langsung kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya.

Ecoton juga memberikan sejumlah rekomendasi. Seperti mendorong pemerintah membuat program kampung bebas sampah dan melakukan kegiatan rutin bersih-bersih sungai minimal sekali dalam setahun. 

“Setelah kami sampaikan, mereka merespons dengan baik karena Pemkot Tasikmalaya telah membuat beberapa program yang kami rekomendasikan,” ujar Rafika.

Namun, Ecoton tetap mendorong Pemkot Tasikmalaya mengantisipasi pembuangan sampah ke sungai, serta membuat regulasi untuk mengurangi sampah plastik.

 

photo
Sejumlah komunitas melakukan susur Sungai Ciwulan wilayah Kota Tasikmalaya, Rabu (26/7/2023), sekaligus membersihkan sungai dari sampah. - (Republika/Bayu Adji P)

 

Asisten Daerah (Asda) Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tasikmalaya Tedi Setiadi mengakui di aliran Sungai Ciwulan masih banyak ditemukan sampah, termasuk plastik. Hal itu dapat membahayakan bagi masyarakat. 

“Perlu kolaborasi antara semua pihak untuk bersama-sama mencari solusi, agar Sungai Ciwulan menjadi bersih lagi,” kata Tedi.

Tedi mengaku telah menerima rekomendasi yang diberikan oleh perwakilan masyarakat. Menurut dia, rekomendasi itu menjadi masukan untuk penyusunan kebijakan pemerintah.

Ia mengatakan, Pemkot Tasikmalaya juga akan menyusun regulasi untuk mengurangi sampah plastik. “Di Bagian Hukum itu akan dibahas,” ujar dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement