Selasa 17 Oct 2023 09:54 WIB

Sepekan Lebih Kebakaran di TPA Purbahayu Pangandaran, Pemadaman Terkendala

Petugas berupaya melokalisasi api agar tidak membakar tumpukan sampah yang lain.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Kondisi kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Purbahayu, Desa Purbahayu, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Senin (9/10/2023).
Foto: Dok Republika
Kondisi kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Purbahayu, Desa Purbahayu, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Senin (9/10/2023).

REJABAR.CO.ID, PANGANDARAN — Kebakaran yang terjadi di area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Purbahayu, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, belum bisa dipadamkan hingga Senin (16/10/2023). Sudah lebih dari sepekan kebakaran terjadi di area tempat penampungan sampah itu.

Peristiwa kebakaran di area TPA Purbahayu dilaporkan pertama kali pada Jumat (6/10/2023). Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran, Wagiso, ada kendala dalam melakukan pemadaman.

Baca Juga

Pasalnya, Wagiso mengatakan, api berada di bawah tumpukan sampah dan terbilang sulit untuk menjangkaunya. Meski demikian, ia mengeklaim api mulai terkendali. “Kalau air cukup, insyaallah, cepat teratasi. Kita sedang fokus pemadaman,” kata dia, Senin (16/10/2023).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran Untung Saeful Rokhman menyebut titik api sulit dijangkau alat pemadam, sehingga penanganan terkendala.

“Kalau yang bisa dijangkau itu dimatikan secara manual pakai kayu. Itu digali, sehingga titik api dimatikan,” kata Untung, saat dikonfirmasi Republika, Senin.

Namun, Untung mengatakan, petugas sudah melakukan upaya untuk melokalisasi api agar tidak menyebar ke tumpukan sampah di area lainnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement