Senin 29 Apr 2024 13:41 WIB

Awal Pekan Mei Ini, Kawasan Braga Bebas Kendaraan Mulai Diujicobakan

Penerapan kawasan Braga bebas kendaraan tersebut telah melalui rangkaian kajian

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Pengunjung berjalan-jalan menikmati sore di jalan Braga, Kota Bandung
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pengunjung berjalan-jalan menikmati sore di jalan Braga, Kota Bandung

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG----Mulai Mei 2024 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan memberlakukan penerapan kawasan Jalan Braga bebas dari kendaraan di setiap akhir pekan. Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono meminta dukungan masyarakat terkait penerapan Braga bebas kendaraan mulai ujicoba awal pekan Mei mendatang pada Sabtu dan Ahad selama 24 jam.

"Salah satu ikon Kota Bandung adalah Braga. Jalan Braga ingin kita kembalikan lagi kepada fungsi awal. Insyaallah minggu depan (penerapannya). Mohon dukungan dari semuanya," ujar Bambang di Bandung, Senin (29/4/2024).

Baca Juga

Program ini, kata Bambang, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan mobilitas dan memastikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi wisatawan yang berkunjung kawasan Braga.

"Harapannya simpel saja, Kota Bandung ini kota jasa dan pariwisata. Apa sih yang mau dijual? Salah satu di antaranya untuk bisa menarik wisatawan dan juga untuk warga Kota Bandung. Semua bisa menikmati Jalan Braga,” katanya.

Menurutnya, penerapan kawasan Braga bebas kendaraan tersebut telah melalui rangkaian kajian yang komprehensif dari Dinas Perhubungan Kota Bandung untuk mulai dilakukan ujicoba pada awal bulan Mei.

"Di akhir pekan saja, mulai Mei pada Sabtu dan Minggu. Ini bukan keinginan pemerintah kota tetapi keinginan semua," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Harian Kepala Dishub Kota Bandung, Asep Koswara mengatakan penerapan Braga bebas kendaraan mulai dilakukan pada 4-5 Mei 2024 mendatang. “Secara teknis, nantinya kawasan tersebut akan bebas kendaraan mulai hari Sabtu pukul 16.00 WIB hingga Ahad malam pukul 23.59 WIB,” kata dia.

Dishub Kota Bandung juga telah menyiapkan sarana kantong parkir yang bisa digunakan wisatawan ke kawasan Jalan Braga selama penerapan ujicoba tersebut berlangsung.

Adapun area parkir yang akan disiapkan antara lain di kawasan Balaikota Bandung, Taman Dewi Sartika, Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Bank BJB, Bank Bandung, serta Kantor Pos Jalan Banceuy.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement