Selasa 23 Jul 2024 21:52 WIB

KM Mina Sumitra Terbakar di Perairan Karimun Jawa, Ini Nasib 13 ABK-nya

ABK sempat terapung-apung di lautan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
KM Mina Sumitra Indramayu terbakar di perairan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Beruntung, 13 ABK-nya berhasil diselamatkan oleh kapal lain yang melintas.
Foto: Dok Republika
KM Mina Sumitra Indramayu terbakar di perairan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Beruntung, 13 ABK-nya berhasil diselamatkan oleh kapal lain yang melintas.

REJABAR.CO.ID,  INDRAMAYU -- KM Mina Sumitra yang tengah berlayar dari Pelabuhan Karang Song Indramayu untuk mencari ikan, terbakar di perairan yang berjarak sekitar 40 Nautical Mile (NM) kepulauan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Kapal tersebut mengangkut 13 orang anak buah kapal (ABK). Beruntung, seluruh ABK berhasil diselamatkan oleh Kapal Tugboat Sea Lion, yang kebetulan melintas di sekitar lokasi kejadian. Kapal ikan milik Koperasi Perikanan Laut (KPL) Mina Sumitra Karang Song itu sebelumnya berangkat dari Pelabuhan Karang Song Indramayu untuk berlayar mencari ikan pada Sabtu (20/7/2024).

Baca Juga

Ketua KPL Mina Sumitra, Darto membenarkan terjadinya kebakaran pada kapal tersebut. Namun, dia belum bisa menjelaskan penyebab terjadinya kebakaran itu. Hanya saja, diperoleh informasi yang sumir bahwa kebakaran tersebut diakibatkan tabung gas yang meledak. ‘’Kabarnya kebakaran itu berasal dari tabung gas, tapi belum pasti infonya,’’ kata Darto, Selasa (23/7/2024).

Seluruh ABK yang berjumlah 13 orang diinformasikan selamat meski sempat terapung-apung di lautan. Pasalnya, pada saat kejadian ada kapal jenis tugboat yang melintas di sekitar lokasi kejadian.

Tugboat Sea Lion 3 milik PT Bahtera Dwi Putra Mandiri Jakarta saat itu sedang berlayar dari pelabuhan Marunda Jakarta dengan tujuan Pelabuhan Banjarmasin. Pada jarak sekitar 1 Nautical Mile, awak tugboat itu melihat adanya kepulan asap hitam pekat.

Kapal yang dinahkodai Sylvester Bera Alan itu kemudian berputar haluan. Seluruh awak kapal mereka kemudian memberikan pertolongan kepada para ABK KM Mina Sumitra yang terapung apung di tengah lautan.

Satu per satu ABK KM Mina Sumitra pun berhasil naik ke atas tugboat. Tak hanya diselamatkan, mereka juga diberikan bantuan makanan. ‘’Seluruh ABK kapal motor yang terbakar dapat diselamatkan dan selanjutnya diinformasikan kepada radio pantai terkait temuan tersebut,’’ jelas nahkoda Sylvester, dalam berita acara yang diterima media.

Rencananya, Darto bersama jajaran pengurus KPL Mina Sumitra Karangsong akan menjemput seluruh ABK yang selamat tersebut langsung ke Pulau Karimun Jawa. Kapal ikan milik KPL Mina Sumitra itu sedianya akan mencari ikan di sekitar perairan Kalimantan. Namun nahas, dalam perjalanannya, kapal itu mengalami musibah kebakaran.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement