Sabtu 27 Jul 2024 10:22 WIB

Gelar WJF 2024, Disparbud Jabar Berharap Target 100 Juta Wisatawan Bisa Tercapai

Disparbud berharap dengan WJF wisatawan lebih mengetahui Jabar secara mendalam lagi.

Red: Arie Lukihardianti
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jabar Benny Bachtiar, Kick Off West Java Festival 2024
Foto: Dok Republika
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jabar Benny Bachtiar, Kick Off West Java Festival 2024

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) bersiap menggelar event West Java Festival (WJF) 2024. Berbeda dari sebelumnya, tahun ini kegiatan akan dirangkaikan dengan acara Harvesting Program Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI dan BBWI).

WJF ini, akan digelar pada 23 - 24 Agustus 2024 di kawasan Gedung Sate Bandung. Tahun ini, WJF ini pun digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi ke - 79 Provinsi Jabar yang jatuh tiap 19 Agustus.

Baca Juga

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jabar Benny Bachtiar, pada WJF 2024 ini pihaknya memiliki beberapa target dan fokus. Yakni, berharap para wisatawan lebih mengetahui Jabar secara mendalam lagi.

"Agar para wisatawan mengetahui bahwa Jabar tidak kalah menarik pariwisatanya dari daerah lain. Ini terkait juga dengan program nasional yaitu Bangga Berwisata di Indonesia atau BBWI. Nah, saat ini yang kita promosikan terutama wilayah Ciayumajakuning, atau Cirebon Raya," ujar Benny Bachtiar saat Kick Off WJF dalam acara Bewara Jawa Barat (BEJA), di kantor Disparbud Jabar, belum lama ini.

Menurut Benny, sejak pandemi berakhir jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Jabar terus meningkat dari tahun ke tahun. "Tahun 2022, jumlah wisatawan mencapai hampir 50 juta, kemudian tahun 2023 sebanyak lebih dari 60 juta, lalu tahun ini ditargetkan lebih dari 80 juta. Bahkan Pak Sekda (Herman Suryatman) memacu kami untuk menaikkan target 2024 lebih dari dari 100 juta kunjungan wisatawan. Insyaallah," katanya.

WJF 2024 ini, kata dia, akan dilaksanakan selama dua hari. Nantinya, akan menampilkan berbagai keunggulan kuliner, seni, dan budaya dari 27 Kabupaten/Kota di Jabar selama rangkaian acara. "Semoga ini menjadi jembatan untuk menumbuhkan rasa Bangga Berwisata di Indonesia dan Bangga Buatan Indonesia kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Karo Pemotda Jabar Yulia Deswita mengatakan, di WIF 2024 terdapat side event bernama West Java Partnership Day (WJP) 2024. Nantinya acara tersebut bakal diisi dengan berbagai kegiatan informatif serta edukatif seperti Job Fair, Edu Fair, Bazaar Kuliner, Seminar, dan lain-lain.

"Kami sangat berharap melalui kegiatan WJP ini, kita dapat memberikan informasi secara lebih luas mengenai implementasi kerja sama yang telah dilaksanakan oleh Provinsi Jabar, dan masyarakat bisa mendapatkan kesempatan maupun peluang yang bermanfaat," katanya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement