Jumat 02 Aug 2024 14:17 WIB

Polrestabes Bandung Siapkan Rencana Pengamanan Pilkada Serentak

Polisi telah menyiapkan sistem pengamanan kota (sispamkota).

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono menyampaikan perkembangan terbaru bentrok ormas di Kota Bandung, Jumat (19/4/2024).
Foto: Republiika/M Fauzi Ridwan
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono menyampaikan perkembangan terbaru bentrok ormas di Kota Bandung, Jumat (19/4/2024).

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--Polrestabes Bandung telah menyiapkan sejumlah rencana pengamanan untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan digelar November mendatang. Mereka telah menyiapkan sistem pengamanan kota (sispamkota).

"Insya Allah besok kita akan melaksanakan gladi dan pengamanan sispamkota," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono saat acara pelepasan purnabakti 44 anggota Polrestabes Bandung di Mapolrestabes Bandung, Jumat (2/8/2024).

Baca Juga

Budi mengatakan telah memetakan titik-titik rawan di Kota Bandung saat pelaksanaan pilkada. Pihaknya sudah pernah melakukan pengamanan pemilihan presiden hanya yang berbeda terkait tempat pemungutan suara (TPS). "Sudah kita petakan (titik kerawanan), awal tahun lalu sudah laksanakan pilpres, hanya sekarang berubah mungkin apakah TPS-nya sama atau berubah," kata dia.

Budi menambahkan saat ini telah 44 personel Polri yang telah purnabakti atau pensiun periode tahun 2023-2024. Mereka dilepas dengan menggunakan tradisi pedang pora.

"Hari ini kita jajaran Polrestabes Bandung melaksanakan wisuda purnabakti personel Polri yang purnatugas atau pensiun periode 2023-2024 sebanyak 44 orang," katanya.

Ia mengatakan pelepasan personel yang purnabakti tiap tahun dilaksanakan. Tradisi yang tiap tahun terus dilakukan agar terus berkelanjutan. "Ini tradisi yang kita coba terapkan semoga ini menjadi tradisi yang baik," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement