Selasa 03 Sep 2024 17:26 WIB

Alumni ITB86 Investasikan Rp 1 Miliar Reksadana untuk Bantu Kampus

Pembelian reksa dana ini, jadi salah satu jalan alternatif mendukung pendanaan ITB

Red: Arie Lukihardianti
Alumni ITB86 berpartisipasi dalam investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap Trimegah Bakti Ganesha Abadi senilai Rp1 Miliar
Foto: Dok Republika
Alumni ITB86 berpartisipasi dalam investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap Trimegah Bakti Ganesha Abadi senilai Rp1 Miliar

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--Komunitas Alumni Institut Teknologi Bandung angkatan 1986 (ITB86), terus menunjukkan kepeduliannya terhadap almamater dengan berbagai dukungan konkret untuk kemajuan pendidikan di ITB. Sebelumnya, ITB86 ini telah memberikan bantuan biaya pendidikan mahasiswa dan donasi dana lestari. 

Kali ini, ITB86 berkomitmen untuk berpartisipasi melalui investasi pada Reksa Dana Pendapatan Tetap Trimegah Bakti Ganesha Abadi senilai Rp1 Miliar. Komitmen ini disampaikan tepat pada pembukaan Kejuaraan Catur Pelajar Nasional ITB86 Bidak Ganesha ke-4 yang diinisiasi oleh ITB86 di ITB Kampus Jatinangor akhir pekan lalu.

Baca Juga

Pada acara tersebut, Kepala BPUDL Deddy Priatmodjo Koesrindartoto hadir sebagai narasumber bersama Hasbie Sukaton dari Trimegah Sekuritas, serta perwakilan ITB86, Batara Purba dan Suluh Tripambudi Rahardjo. Reksa dana yang dibentuk bersama BPUDL ini telah mencapai dana kelolaan sebesar Rp105 miliar. Selain menawarkan potensi keuntungan, pembelian reksa dana ini sekaligus ajakan untuk beramal melalui pendidikan.

Sementara menurut Kepala BPUDL Deddy Priatmodjo Koesrindartoto, meskipun penempatan pada reksa dana memiliki risiko, yang terpenting adalah bagaimana memitigasi risiko tersebut. Langkah-langkah seperti diversifikasi, penempatan pada instrumen pemerintah, serta pengelolaan oleh profesional menjadi kunci penting dalam mengurangi risiko. 

Pembelian reksa dana ini, kata dia, merupakan salah satu jalan alternatif untuk mendukung pendanaan bagi ITB. Karena, investor tidak hanya menerima potensi keuntungan, tetapi juga berkontribusi dalam upaya peningkatan dana lestari ITB, melalui imbalan jasa (management fee) serta pembagian hasil investasi yang berasal dari pengelolaan dana tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada ITB’86 yang telah mendukung berbagai program untuk meningkatkan dana lestari di ITB. Harapannya, semangat berkontribusi ini dapat terus menyebar dan menginspirasi komunitas alumni ITB lainnya, karena kontribusi melalui dana lestari akan meninggalkan kebaikan yang mengalir dan memberikan manfaat yang terus-menerus bagi kemajuan ITB," paparnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement