Kamis 05 Sep 2024 17:39 WIB

Dua Kali Gempa Bumi Guncang Kabupaten Bandung

Gempa bumi dirasakan di wilayah Kecamatan Pangalengan hingga Ciwidey

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--Gempa bumi magnitudo 3,2 mengguncang wilayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya, Kamis (5/9/2024) sekitar pukul 14.20 WIB. Titik gempa berada di darat pada jarak 21 kilometer tenggara Kabupaten Bandung dengan kedalaman 13 kilometer.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 3,2," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Kamis (5/9/2024).

Baca Juga

Teguh mengatakan, gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Bandung merupakan gempa bumi dangkal. Gempa bumi disebabkan aktivitas sesar aktif wilayah setempat. Gempa bumi, dirasakan di wilayah Kecamatan Pangalengan, Kecamatan Cibereum, Kecamatan Cimaung, Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang. "Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi," kata Teguh.

Teguh melanjutkan gempa bumi tersebut diawali terlebih dahulu oleh gempa bumi pendahuluan magnitudo 2, 8 di lokasi yang sama pada pukul 14.16 WIB. Hingga pukul 15.15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Teguh meminta masyarakat agar memperoleh informasi resmi dari kanal BMKG dan lainnya.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement