Kamis 03 Oct 2024 17:08 WIB

BKSDA Jabar Turunkan Tim Tangani Buaya yang Berkeliaran di Pemukiman Warga di Cianjur

Beberapa ekor buaya lepas ke sawah dan pemukiman warga di Kampung Gunung Calung

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Buaya berkeliaran (Ilustrasi)
Foto: Antara/Mohamad Hamza
Buaya berkeliaran (Ilustrasi)

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG-- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Barat (Jabar) bersama tim Taman Safari Indonesia (TSI) tengah menuju lokasi buaya yang berkeliaran di pemukiman warga di Kampung Gunung Calung, Cianjur, Kamis (3/10/2024). Mereka mengatakan tim di lokasi tengah melakukan penanganan.

Humas BKSDA Jabar Eri Mildrayana mengatakan tim Wild Life Rescue Unit (WRU) Balai Besar KSDA Jabar bersama-sama dengan tim Taman Safari Indonesia (TSI) telah menuju lokasi untuk melakukan penanganan. "Saat ini tim bersama WRU masih dalam proses penanganan, lebih lanjut akan kami sampaikan setelah mendapat informasi lanjutan," ujar Eri saat dihubungi, Kamis (3/10/2024).

Baca Juga

Sebelumnya, beberapa ekor buaya lepas ke sawah dan pemukiman warga di Kampung Gunung Calung, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kamis (3/10/2024). Hal itu terjadi diakibatkan tembok penangkaran buaya yang tidak jauh dari pemukiman jebol.

Sontak, warga setempat panik dan berusaha menyelamatkan diri. Namun, dari video yang beredar sejumlah petugas dibantu warga turut mengevakuasi buaya yang diperkirakan memiliki panjang tiga hingga 5 meter.

Kapolsek Cianjur Kompol Cahyadi Mulya mengatakan peristiwa tembok penangkaran buaya jebol terjadi pada Rabu (2/10/2024) malam. Kondisi tersebut diketahui oleh pegawai galian pasir yang menggali dekat penangkaran buaya. "Kejadiannya tadi malam karena hujan deras, tembok penangkaran jebol," kata Cahyadi, Kamis (3/10/2024).

Lurah Sayang Wiji Eko mengatakan petugas langsung mengamankan satu ekor buaya yang lepas dan berkeliaran di pengolahan galian C, Rabu (2/10/2024) malam. Namun, pihaknya mendapatkan informasi jika warga melihat kembali dua ekor buaya di kawasan sawah dan pemukiman. "Benar itu buaya dari penangkaran yang lepas tadi malam. Total tiga yang berhasil ditangkap, dua lepas ke sawah dan sungai, serta satu buaya ditangkap tadi malam," kata Wiji.

Ia mengatakan petugas masih menyisir di sekitar sungai dan pemukiman warga termasuk memastikan berapa buaya yang lepas. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan waspada. "Kami minta warga untuk tetap berhati-hati dan segera melapor apabila melihat buaya di sekitaran Sungai Calung," kata Wiji.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement