Jumat 04 Oct 2024 17:37 WIB

Viral Video LGBT Pelajar dan Persetubuhan Ibu Anak di Kuningan, Ini Kata Tokoh Agama

Tokoh agama menilai kejadian tersebut tak lepas dari pengaruh lingkungan sosial

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
video mesum viral/ilustrasi
video mesum viral/ilustrasi

REJABAR.CO.ID,  KUNINGAN--Tersebarnya dua video mesum menggegerkan masyarakat di Kabupaten Kuningan. Apalagi, perbuatan mesum dalam video itu melibatkan pelajar serta ibu dan anak kandungnya.

Video mesum pertama berisi hubungan badan sesama jenis antara dua pelajar pria, yang dilakukan di salah satu ruangan sekolah. Sedangkan video mesum kedua, menunjukkan hubungan badan antara ibu dan anak kandungnya. Kondisi itupun mengundang keprihatinan tokoh agama.

Baca Juga

‘’Saya sudah dengar tentang adanya video itu. Saya merasa miris, hati teriris-iris, sangat memprihatinkan. Apalagi terjadi di kalangan anak usia remaja,’’ ujar Ketua Yayasan Mualaf Ikhlas Madani Indonesia (Mukmin) Kabupaten Kuningan, Ade Supriadi, kepada Republika, Jumat (4/10/2024).

Ade menilai, kejadian tersebut tak lepas dari pengaruh lingkungan sosial, termasuk lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Untuk lingkungan sosial, dibutuhkan kepekaan dari masyarakat terhadap kehidupan seseorang atau bertetangga.

‘’Harus ditumbuhkan saling jaga, saling asih, saling asuh, bukan saling cuek. Ketika sudah terlihat gelagat menyimpang, harusnya tidak boleh ikut-ikutan mendukung, seperti misalnya dengan candaan, yang  memposisikan bahwa perilaku (yang menyimpang) dibenarkan oleh lingkungan tersebut,’’ katanya.

Selain itu, kata Ade, peran ustadz dan kyai di suatu desa juga sangat penting. Dia juga menilai perlu  adanya satgas khusus di desa-desa untuk memantau pergerakan perilaku anggota masyarakat, guna mencegah terjadinya perilaku yang menyimpang.

Ade mengatakan, peran orang tua juga sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang perilaku anak. Dia mengungkapkan, kebanyakan orang tua hanya memikirkan kebutuhan anak dari sisi materi, seperti biaya sekolah, biaya makan, biaya main anak maupun biaya pulsa anak. ‘’Di sisi lain, mereka tidak memperhatikan atau ikut serta menjalankan pengasuhan yang maksimal , seperti berkomunikasi dua arah dengan anak. Pengawasan gadget juga tidak ada di setiap keluarga sehingga anak menjadikan gadget sebagai ‘temannya’,’’ katanya.

Ade menilai, pembiasaan kehidupan beragama di kalangan anak-anak juga kurang dilaksanakan. Hal itu terlihat dari kosongnya masjid dari anak-anak. ‘’Coba kita cek, survei, berapa anak yang ketika adzan Maghrib, Isya, ada di masjid? Apalagi saat  Shubuh. Tengok ke masjid-masjid, isinya orang tua semua,’’ katanya.

Para orang tua, kata Ade, belum bisa mencontohkan bagaimana menjalankan akidah sesuai syariat Islam. Dalam hal ini, dia menyalahkan orang tua. ‘’Mau sampai kapan anak-anak kita dibiarkan menjadikan gadget adalah segalanya? Kapankah masjid-masjid diramaikan oleh anak muda, remaja, atau ibu-ibu pengajian?,’’ katanya.

Ade pun mengaku takut, jika perilaku menyimpang terus dibiarkan, maka akan mengundang kemarahan Allah SWT. ‘’Pesan saya, ayo kembali penuhi masjid. Ajari anak-anak ngaji, ajari ibu-ibu hadir di majelis taklim,’’ kata Ade.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement