Jumat 04 Oct 2024 20:31 WIB

Unisba Gelar Talkshow Kewirausahaan Beri Inspirasi ke Calon Pengusaha dan UKM

Melalui kolaborasi dan pembelajaran bersama, maka dapat mendorong pertumbuhan ekonomi

Red: Arie Lukihardianti
Rektor Unisba, Prof Dr H Edi Setadi, SH MH
Foto: Dok Republika
Rektor Unisba, Prof Dr H Edi Setadi, SH MH

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar Talkshow Kewirausahaan, Kompetisi Video Ide Bisnis, dan Rampak Sekar Lagu Sunda dengan mengusung tema ‘Perubahan dan Inovasi Membanguan Kewirausahaan Berkelanjutan untuk Mewujudkan SdGs di Era Digital', belum lama ini. Rangkaian kegiatan tersebut digelar untuk menyambut milad ke-66. Tujuannya, untuk menginspirasi dan memberdayakan mahasiswa serta masyarakat.

Rektor Unisba, Prof Dr H Edi Setiadi SH MH menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, Unisba akan terus menyediakan berbagai kegiatan yang beragam sesuai dengan perkembangan zaman dalam rangka milad. Prof Edi menilai, talkshow kewirausahaan ini sangat baik bagi peserta yang ingin berbisnis karena banyak juga pengusaha yang berhasil setelah lulus SMA atau pendidikan atas.

Baca Juga

Talkshow kewirausahaan, menghadirkan para pengusaha sukses dan akademisi. Dalam sesi ini, para peserta diajak untuk berdiskusi mengenai inovasi dalam bisnis dan penerapan teknologi terbaru, strategi pemasaran dan pengembangan pasar, pengelolaan keuangan dan manajemen risiko, keterampilan kepemimpinan dan pengembangan tim, serta pentingnya jaringan dan kolaborasi dalam pertumbuhan bisnis.

Talkshow ini menghadirkan narasumber yang merupakan pakar dan praktisi di bidang kewirausahaan digital dengan berbagi pengalaman dan inspirasi. Di antaranya, Rinaldy Annantadira SE (President of Sukses Berkah Community, CEO Asgar Corporation), Regha Dikiria Nurbetha (General Manager Portegoods), Septian Andryana Nugraha, SFarm Apt MM (CEO PT Inti, CEO PT Buana Intiprima), Urip Budiarto, ME (Deputi Direktur Dana Sosial Syariah KNEKS), dan Desi Ariyati Rahayu SPd MPd (Perwakilan MGMP SMA 10 Bandung).

Talkshow ini terlaksana, kata dia, tujuannya untuk menjadi platform yang inspiratif dan informatif bagi para calon pengusaha dan pemilik usaha kecil menengah (UKM). Melalui kolaborasi dan pembelajaran bersama, maka dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberikan kontribusi positif bagi komunitas kewirausahaan secara luas.

"Peserta dalam kegiatan ini berjumlah sekitar 400 orang yang merupakan pelajar dan mahasiswa di Bandung Raya, Profesional, dosen, dan masyarakat umum," katanya.

Selain talkshow, digelar juga Kompetisi Video Ide Bisnis yang menjadi salah satu kegiatan paling menarik bagi para siswa SMA dan mahasiswa. Kompetisi ini mendorong siswa SMA dan mahasiswa untuk menciptakan konsep bisnis inovatif dan mempresentasikannya melalui video kreatif. Kompetisi ini juga memperebutkan Piala Gubernur, ditambah hadiah menarik lainnya.

Kompetisi video ide bisnis ini diikuti peserta sebanyak 48 orang atau 10 kelompok.  Juara 1 diraih oleh Mari Membumi - SMAN 25 Bandung, juara 2 diraih olehPinSoap (Pineapple Soap) - ARS University, dan juara 3 diraih oleh Roll Cake Nusantara - SMAN 9 Bandung.

Sementara itu, rampak sekar lagu Sunda dirancang untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian Sunda, sambil memperkenalkan generasi yang cemerlang di era modern. Dalam lomba ini juga para peserta memperebutkan Piala Rektor Unisba serta hadiah uang tunai untuk juara 1 sampai dengan 3. Peserta rampak sekar lagu Sunda diikuti 7  kelompok atau 157 orang. Juara 1 diraih oleh Dagedi Choir, juara 2 diraih oleh SMKN 1 Cimahi, dan juara 3 diarih oleh SMA Mutiara Bandung.

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan pula penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) tentang kemitraan dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi antara Ketua LPPM Unisba dengan Direktur Keuangan Sosial Syariah KNEKS.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement