REJABAR.CO.ID, BANDUNG--Tahun ini, penjualan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) Hyundai di Jawa Barat (Jabar) diperkirakan meningkat. Targetnya, segmen kelas menengah. Menurut Area Manager Hyundai Motor Indonesia (HMID) Vinsensius Denny Ariesanto, pihaknya optimistis penjualan kendaraan SUV di Jabar akan meningkat pada tahun ini. Tren penjualan tercatat terus meningkat pada tahun 2024 lalu.
“Tahun ini kami optimistis dengan target market share naik menjadi sebesar 15 persen untuk Jabar, kami optimis bisa melanjutkan tren positif penjualan hingga akhir 2025,” ujar Vinsensius pada peluncuran New Creta di Trans Studio Mall (TSM), Kamis (9/1/2025).
Menurutnya, pihaknya resmi meluncurkan facelift terbaru untuk lini SUV New Creta, di Bandung. New Creta hadir dengan tiga varian unggulan, yakni Kereta Prime, Kereta N-Line, dan Kereta N-Line Turbo, yang menawarkan berbagai peningkatan signifikan baik dari sisi eksterior maupun interior.
"Meski ini facelift, perubahannya sangat terasa seperti all-new. Dari tampilan luar hingga interior, semuanya telah disempurnakan. Salah satu yang menarik adalah hadirnya trim baru di N-Line dengan tambahan turbo," kata Denny.
Untuk harga Jakarta, New Creta akan dibanderol dengan rentang harga Rp 299 juta hingga Rp 426 juta dengan selisih sekitar Rp 3-5 juta lebih tinggi di wilayah Bandung. Hyundai menargetkan market share sebesar 20 persen di segmen SUV Bandung Raya, dengan estimasi penjualan antara 70 hingga 100 unit.
"Target kami adalah mengembalikan dominasi pasar SUV Hyundai seperti saat pertama kali kami meluncurkan produk di Bandung," kata Denny.
Tahun lalu, kata dia, market share Hyundai di Bandung mencapai 17 persen. Dengan hadirnya New Creta, Hyundai optimis mampu mencatatkan kenaikan menjadi 20 persen pada 2025. Terkait pemberlakuan PPN 12 persen, Hyundai tetap percaya diri dengan strategi penjualan yang dirancang untuk menjaga daya saing.
"Kami akan membuat skema penjualan terbaik untuk mendukung pertumbuhan penjualan, meskipun ada kenaikan pajak. Optimisme ini juga didukung kebijakan pemerintah yang memacu pertumbuhan pasar otomotif," kata Denny.
New Creta menyasar segmen keluarga modern, eksekutif muda, dan pengusaha yang menginginkan kendaraan stylish dengan teknologi canggih.
Sementara menurut Fransiscus Soerjopranoto Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Hyundai New Creta N Line Turbo dan New Creta menyuguhkan beragam pilihan yang dirancang untuk pencinta otomotif yang mencari kombinasi desain bold, sporty, serta performa unggul.
Selain itu, dilengkapi pilihan mesin Turbo dan teknologi inovatif seperti Hyundai Bluelink, sistem infotainment canggih, serta fitur kenyamanan terkini, new Creta N Line dan new Creta menjadi solusi ideal untuk berbagai kebutuhan perjalanan sehari-hari. Dengan fleksibilitas yang luar biasa, kedua model ini siap menemani pengemudi dalam berbagai aktivitas, mulai dari perjalanan harian hingga petualangan jarak jauh.