Rabu 12 Jul 2023 09:46 WIB

Kecewa PPDB Zonasi di Tangerang, Warga Cek Jarak ke Sekolah Pakai Meteran

Warga tersebut mencurigai alamat sejumlah pendaftar PPDB. 

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
Foto:

Imam mengaku heran. Pasalnya, kata dia, adiknya yang lain pada pendaftaran PPDB zonasi 2021 bisa masuk ke SMAN 5 Kota Tangerang. Ia mengatakan, sudah berkomunikasi dengan kepala bidang di sekolah tersebut, namun merasa tidak mendapatkan jawaban yang jelas.

Menurut Imam, pihak SMAN 5 hanya menyarankan untuk perbaikan data dan dikirim ke sekolah. “Tetapi kan tidak ada bahasa untuk perbaikan data (di pendaftaran). Tidak ada penjelasan bahwa data diubah atau bagaimana. Di formulir pendaftaran juga tidak ada perubahan data, penjelasan persyaratan juga tidak ada, bahkan pengajuannya harus ke mana juga tidak jelas,” kata dia.

Imam mengaku sedih adiknya tidak diterima di SMAN 5 Kota Tangerang. Menurut dia, adiknya bisa mengerti setelah diberikan pemahaman. Ia menyebut adiknya itu akan didaftarkan ke sekolah swasta. Namun, kata dia, keluarganya harus mempersiapkan uang pendaftaran terlebih dahulu.

Transparansi dan verifikasi faktual

Ke depan, Imam mengharapkan transparansi data dan verifikasi faktual pendaftar PPDB sistem zonasi. “Sebab, ini kayaknya kurang verifikasi faktual atau ada permainan dari sekolah yang mengarah pada titip KK warga sekitar sekolah,” kata dia.

Jika tidak dilakukan verifikasi faktual di lapangan, Imam mengkhawatirkan masyarakat di sekitar sekolah dirugikan dengan modus pendaftar yang menumpang atau menitip masuk KK. “Pemerintah harus memperbaiki sistem PPDB,” katanya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement