Senin 06 May 2024 12:02 WIB

Program Kemitraan Ponpes Al-Idrisiyah dengan Pengusaha Muda Kuningan Hasilkan Rp 1 Miliar

Total bagi hasil mitra sebesar Rp 912 juta serta melampaui target awal

Red: Arie Lukihardianti
Industri peternakan ayam broiler.
Foto: Dok Republika
Industri peternakan ayam broiler.

REJABAR.CO.ID,  KUNINGAN----Program kemitraan antara Paranje dan Pondok Pesantren Al-Idrisiyah, Karawang yang digagas oleh PT ASputra Perkasa Makmur (ASPM) telah mencapai keberhasilan yang signifikan. Melalui kerja sama strategis antar pihak Paranje dan Pengurus Pondok Pesantren sejak tahun 2021, program ini telah sukses menghasilkan total bagi hasil mitra hampir Rp 1 miliar.

Perlu diketahui bahwa istilah Paranje merupakan kosa kata bahasa Sunda yang artinya kandang ayam. Program Paranje hadir atas dasar semangat pemberdayaan masyarakat berbasis kemitraan antara perusahaan dan petani UKM dalam bidang industri peternakan ayam broiler. Pendekatan kemitraan yang terjalin tidak hanya berdampak terhadap nilai ekonomi yang positif, melainkan juga terhadap kehidupan sosial dan pendidikan bagi para santri serta masyarakat sekitar.

Baca Juga

“Alhamdulillah, dari 8 kandang yang beroperasi saat ini telah sukses mencapai total bagi hasil mitra sebesar 912 juta serta melampaui target awal yang diharapkan,” ujar Aif Arifin Sidhik selaku Direktur PT ASputra Perkasa Makmur, Senin (6/5/2024).

Aif Arifin Sidhik merupakan pengusaha muda asli Kuningan Jawa Barat (Jabar) dengan latar belakang pendidikan dari Fakultas Peternakan IPB University dan Magister of Science di University of Strathclyde UK. Direktur ASPM itu menjelaskan bahwa tren konsumsi daging ayam (kilogram) terus meningkat per tahunnya, seperti pada tahun 2022 dan 2023 telah terjadi lonjakan peningkatan dari 7,98 per kapita menjadi 8,22 per kapita.

“Kita optimis dapat berkontribusi dalam peningkatan konsumsi protein hewani masyarakat dengan meningkatkan produksi daging ayam melalui sistem kemitraan Paranje," katanya.

Keberhasilan program Paranje bersama Ponpes Al-Idrisiyah serta mitra lainnya akan terus dikembangkan. Setelah sukses membangun kemitraan di daerah Jawa Barat, ASPM saat ini bersiap melebarkan sayap kemitraannya ke berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Paranje berkomitmen untuk membuka kesempatan kemitraan ke berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, bahkan berbagai daerah potensial lainnya di Indonesia," katanya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement