Rabu 24 Jul 2024 08:34 WIB

Jalan Majalengka - Kuningan Ditutup, Ini Jalur Alternatif untuk Mobil Kecil dan Besar

Para pengendara juga bisa menggunakan jalur alternatif dari Desa Gunungmanik

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Jalan penghubung Kabupaten Majalengka dengan Kuningan di Blok Cipadung, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka
Foto: Fuji E Permana
Jalan penghubung Kabupaten Majalengka dengan Kuningan di Blok Cipadung, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka

REJABAR.CO.ID,  MAJALENGKA -- Jalan nasional penghubung Majalengka - Kuningan di Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, ditutup sementara mulai hari ini, Selasa (23/7/2024). Seluruh kendaraan pun dialihkan ke jalur alternatif.

Penutupan ruas jalan Majalengka – Kuningan itu dilakukan menyusul adanya kegiatan preservasi penanganan longsoran, berupa pengupasan tebing untuk pergeseran bahu jalan. Sebelumnya, longsoran telah merobohkan bahu jalan sehingga dibutuhkan pergeseran bahu jalan. Pengerjaan itu diperkirakan menghabiskan waktu dua bulan.

Baca Juga

Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Mochammad Ali mengatakan, selama berlangsungnya pekerjaan itu, maka kendaraan dari arah Majalengka maupun Kuningan dialihkan melalui jalur alternatif.

‘’Jalur alternatifnya melalui Jalan Cidulang - Cipulus dan langsung menuju Gunung Sirah, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan,’’ ujar Ali, Selasa (23/7/2024).

Selain itu, kata Ali, para pengendara juga bisa menggunakan jalur alternatif dari Desa Gunungmanik, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, yang menembus ke jalur Gunung Sirah, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

Namun, untuk kendaraan besar dari arah Ciamis menuju Kuningan, akan dialihkan dari Cikijing ke arah Majalengka Kota. Selanjutnya diarahkan untuk melintasi wilayah Kecamatan Cigasong, Sukahaji, Rajagaluh, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, hingga ke arah Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

Personel Satlantas Polres Majalengka dan Polsek Cikijing pun disiagakan di lokasi penutupan jalan nasional. Selain itu, pihaknya pun telah memasang rambu-rambu petunjuk arah di sepanjang jalur alternatif Majalengka - Kuningan untuk membantu para pengendara. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement