Jumat 26 Jul 2024 22:53 WIB

Run For Gaza, Event Lari Komunitas Masjid di Bandung Berlari Sambil Rasakan Suasana Gaza

Peserta akan dibuat merasakan bagaimana suasana yang dirasakan oleh rakyat Gaza

Red: Arie Lukihardianti
Founder Masjid Runners, Didiet Nursaktiadhi saat menjelaskan tentang Run For Gaza
Foto: Dok Republika
Founder Masjid Runners, Didiet Nursaktiadhi saat menjelaskan tentang Run For Gaza

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--Saat ini Palestina masih dan terus mengalami persekusi bahkan dehumanisasi oleh Israel. Beragam cara dilakukan oleh masyarakat untuk mendukung rakyat Palestina. Salah satunya, dilakukan oleh NGO dan Lembaga Kemanusiaan Explore!, selaku lembaga mitra pengelola zakat (ZIS), bersama dengan komunitas Masjid Runners dan Komunitas Kerelawanan Greenteam, yang akan mengelenggar event lari jarak pendek bertajuk "Run For Gaza".

Event ini sendiri akan diadakan di Kota Bandung pada Ahad, (28/7/2024) dengan start dan finish di Masjid Al Lathiif Jl.Saninten No 2.

Baca Juga

“Run For Gaza bukan hanya event lari biasa, kami menyebutnya Empathy Run. Di balik keseruan berlari bersama, terdapat misi mulia untuk membantu rakyat Palestina di Gaza yang sedang mengalami kesulitan. Dengan mengikuti event ini, kamu tidak hanya menyehatkan diri, tapi juga berkontribusi dalam aksi nyata kemanusiaan,” ujar Founder Masjid Runners, Didiet Nursaktiadhi, Sabtu (26/7/2024).

Dalam event lari ini, kata dia, ini para peserta akan diajak berlari menyusuri rute sepanjang 6 kilometer yang menantang namun tetap aman dan nyaman. Rute ini, akan dimulai dan berakhir di Masjid ikonik anak muda Bandung yaitu Masjid Al Lathiif.

“Detil rutenya sendiri yaitu Start Masjid Al Lathiif menuju Masjid Al Muttaqin (Gedung Sate) lalu menuju Masjid Istiqamah dan berakhir di Masjid Al Lathiif, “ katanya.

Menurut Direktur explore Humanity, Sello Saputra, yang membedakan event ini dengan event lari lainnya adalah peserta akan dibuat merasakan bagaimana suasana yang dirasakan oleh saudara-saudara atau rakyat di Gaza. “Ada kejutan berupa penampilan teatrikal oleh relawan Greenteam yang menggambarkan suasana selayaknya di Gaza,” katanya.

Selain itu, kata dia, dengan keikutsertaan para peserta dalam event lari ini sudah secara nyata turut berdonasi membantu saudara-saudara kita di Gaza. “Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta lari yang ingin merasakan pengalaman berlari yang berbeda dan penuh makna,” katanya.

Menurutnya, sejak dibuka pendaftaran, event ini telah menarik minat banyak peserta. Hingga saat ini, tercatat 300 peserta offline yang telah mendaftarkan diri dan 100 peserta virtual yang akan berpartisipasi dalam event lari ini.

“Harapan kami, event lari dengan konsep Emphaty Run ini bisa kami selenggarakan di Kota-kota lainnya. Semoga event lari ini menjadi pengalaman yang positif dan berkesan bagi semua peserta,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement