Kamis 05 Sep 2024 21:01 WIB

Jabatan Pj Gubernur Jabar Diperpanjang, Bey Machmudin: Lebih Berat Buat Saya

Bey memimpin Jabar hingga dilantiknya Gubernur Jabar definitif Maret 2025 mendatang

Red: Arie Lukihardianti
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin
Foto: Dok Republika
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--Masa jabatan Bey Machmudin sebagai Pj Gubernur Jabar diperpanjang selama 6 bulan ke depan. Menurut Bey, perpanjangan masa jabatan ini merupakan tugas berat. Bahkan lebih berat dibanding setahun kebelakang memimpin Jawa Barat.

"Sekarang lebih berat buat saya dibanding 1 tahun yang lalu," ujar Bey kepada wartawan, Kamis (5/9/2024).

Baca Juga

Bey mengatakan, dirinya memimpin Jabar hingga dilantiknya Gubernur Jabar definitif Maret 2025 mendatang memberikannya dua pilihan. "Pilihannya mau membangun Jabar atau hanya sekedar cari jabatan," katanya.

Namun, Bey memastikan akan menggenjot 4 hal pokok di sisa 6 bulan terakhir jabatannya. Pertama menanamkan fondasi birokrasi dimana dia memastikan kinerja ASN Pemprov bisa diandalkan oleh gubernur definitif mendatang.

Kedua, kata dia, menekan gini rasio meski Maret 2024 lalu tercatat mengalami penurunan. Ketimpangan pengeluaran penduduk Jawa Barat Maret 2024 tercatat sebesar 0,421.

Angka ini mengalami penurunan sebesar 0,004 poin jika dibandingkan dengan rasio gini Maret 2023 yang sebesar 0,425 namun meningkat 0,009 poin dibandingkan dengan Gini Ratio September 2022 yang sebesar 0,412. "Ketiga menekan angka pengangguran," katanya.

Salah satu tantangan besar yang dihadapi adalah tingginya tingkat pengangguran terbuka (TPT) yang mencapai 6,91 persen (data per Februari 2024) sementara Pemprov Jabar menargetkan pada 2024 ini menjadi 5,19 persen.

Terakhir yang akan menjadi fokusnya adalah urusan ketahanan pangan lewat pemberdayaan BUMD Agro Jabar. "Itu yang pokok," katanya.

Sebelumnya, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin menerima Keputusan Presiden RI tentang perpanjangan masa jabatan sebagai Penjabat Gubernur. Bey Machmudin menerima langsung Keputusan tersebut dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024) sore.

Sebelumnya, Bey Machmudin resmi menjabat sebagai Pj Gubernur Jabar usai dilantik Mendagri Tito Karnavian di Jakarta, pada 5 September 2023. Bey menggantikan Gubernur Jabar definitif periode 2018- 2023 Ridwan Kamil- Uu Ruzhanul Ulum yang habis masa tugasnya di tanggal yang sama.

Hari ini, Bey Machmudin telah genap setahun memimpin jalannya roda Pemda Provinsi Jabar, dimana ia bertugas mengisi kekosongan jabatan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang akan dilaksanakan November 2024 ini.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement