Sabtu 07 Sep 2024 12:40 WIB

Berikan Pembekalan di Sesko TNI, Menteri AHY: Siapkan Tata Ruang Pertahanan yang Kredibel

Penataan ruang wilayah pertanahan yang baik, akan membuat Indonesia tetap berdaulat

Red: Arie Lukihardianti
Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan ceramah pembekalan kepada Pasis Dikreg LII Sesko TNI, di Gedung Graha Widya Adibrata Sesko TNI, Bandung
Foto: Dok Republika
Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan ceramah pembekalan kepada Pasis Dikreg LII Sesko TNI, di Gedung Graha Widya Adibrata Sesko TNI, Bandung

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan ceramah pembekalan kepada Pasis Dikreg LII Sesko TNI, di Gedung Graha Widya Adibrata Sesko TNI, Bandung, Jumat (6/9/2024). AHY, menjelaskan soal pertanahan dan pertahanan negara. Khususnya, terkait tata ruang wilayah pertanahan untuk mendukung ketahanan dan kedaulatan negara.

Ceramah pembekalan kali ini diikuti oleh 187 peserta yang terdiri dari 74 dari Pasis Angkatan Darat, 50 dari Pasis Angkatan Laut, 38 dari Pasis Angkatan Udara, 19 dari Polri, serta 6 Pasis yang berasal dari mancanegara, yakni Australia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, India, dan Arab Saudi. Hadir dalam kesempatan yang sama, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Kementerian ATR/BPN.

Baca Juga

"Ini menjadi momen Kementerian ATR/BPN dan tentunya TNI termasuk Polri agar ke depan tugas-tugas yang dijalankan juga semakin relevan, menyiapkan tata ruang wilayah pertahanan yang semakin kredibel dan juga adaptif terhadap lingkungan strategis dan berbagai tantangan yang ada di sekelilingnya. Ini benar-benar bisa menghadirkan blueprint yang semakin baik ke depan," ujar Menteri AHY.

Dengan penataan ruang wilayah pertanahan yang baik, kata Menteri AHY, Indonesia akan tetap berdaulat dan tidak ada kekayaan alam yang dicuri oleh negara lain. Selain itu, juga dapat mencegah terjadinya sengketa dan konflik pertanahan. "Saya menyampaikan agar TNI, Polri, dan semua stakeholders menjaga aset yang dimiliki jangan sampai kemudian juga menjadi bagian dari sengketa dan konflik (pertanahan, red) tersebut," katanya.

Tidak hanya mencegah sengketa konflik pertanahan, kata dia, jika tanah dan ruang diatur dengan baik, maka dapat mewujudkan berbagai kebutuhan negara termasuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pada akhirnya, jika tanah diatur dengan baik, tata ruang yang digelar dengan proporsional bisa memenuhi kebutuhan pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan infrastruktur.

"Termasuk menjaga lingkungan hidup dan menjaga keberlanjutan alam, ke depan insya allah Indonesia akan semakin maju, progresif, semakin sejahtera juga," katanya.

AHY berharap, Kementerian ATR/BPN dapat terus bersinergi dengan TNI dan Polri. "Senang bisa merajut kebersamaan dan saya sangat optimis karena saya bisa merasakan energi yang sangat positif. Sama-sama kita bersinergi, berkolaborasi saya di jalur yang berbeda tetapi tujuan kita sama untuk Indonesia, untuk negara yang kita cintai," kata Menteri AHY.

Komandan Sesko TNI, Marsekal Madya TNI Arief Widianto SABM Tr (Han) pada kesempatan ini menyampaikan tujuan daripada pembekalan yang telah diberikan oleh Menteri ATR/Kepala BPN. Pembekalan ini diberikan aga rada pemahaman strategis untuk pengelolaan tanah dan tata ruang wilayah dalam mendukung operasi militer dan pertahanan nasional.

"Hal ini tentunya demi para pasis mendapatkan pemahaman secara komprehensif tentang bagaimana mengelola pertanahan yang menjadi tanggung jawab nanti dan juga tata ruang wilayah yang seharusnya selalu sinergi dan strategis sesuai dengan tata ruang wilayah nasional maupun daerah. Karena, hal ini sangat penting bagi pertahanan nasional," kata Marsekal Madya TNI Arief Widianto SAB MTr (Han).

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement