Sabtu 19 Oct 2024 15:38 WIB

Tol Cipali Tambah Lajur Ketiga di KM 87 -110  

Progres pekerjaan penambahan lajur ketiga konsisten melampaui target perencanaan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Gita Amanda
Astra Tol Cipali melakukan penambahan lajur ketiga di KM 87 – KM 110.
Foto: Humas Tol Cipali
Astra Tol Cipali melakukan penambahan lajur ketiga di KM 87 – KM 110.

REJABAR.CO.ID,  SUBANG -- Astra Tol Cipali memastikan proyek penambahan lajur ketiga di KM 87 – KM 110 Kabupaten Subang, berjalan sesuai dengan perencanaan. Proyek peningkatan kualitas jalan dan penambahan kapasitas itu berlangsung sejak Juli 2024.

Penambahan lajur ketiga di KM 87-KM 110 tersebut merupakan kelanjutan dari penambahan lajur ketiga di KM 72-KM 87 serta di depan Rest Area KM 101, KM 102 serta KM 130, yang telah dirampungkan pada 2023.

Baca Juga

Direktur Operasional Astra Tol Cipali, Rinaldi, mengatakan, pada pekan ke-19 pekerjaan, penambahan lajur ketiga di ruas Tol Cipali telah melampaui target realisasi. Yakni, dengan capaian realisasi 52 persen di zona KM 87 hingga KM 98, dan 46 persen di zona KM 98 hingga KM 110.

"Progres pekerjaan penambahan lajur ketiga secara konsisten telah melampaui target perencanaan. Hal ini merupakan bukti konkret peningkatan layanan kami kepada pengguna jalan,’’ ujar Rinaldi, dalam siaran persnya yang diterima Republika, Sabtu (19/10/2024).

Rinaldi berharap, proses penambahan lajur ketiga ruas Tol Cipali dapat berlangsung lancar dan rampung sesuai rencana pada Desember 2024. 

Pada proyek tersebut, Astra Tol Cipali telah merampungkan tahapan pembongkaran dan pembersihan area. Adapun pekerjaan pembongkaran tanah dan konstruksi dilakukan secara bertahap hingga akhir masa penambahan lajur.

photo
Astra Tol Cipali melakukan penambahan lajur ketiga di KM 87 – KM 110. - (Humas Tol Cipali)

Dalam prosesnya, keamanan dan keselamatan menjadi prioritas Astra Tol Cipali dalam proyek penambahan lajur ketiga itu. Karenanya, dilaksanakan toolbox meeting harian sebagai bentuk pengendalian potensi bahaya serta edukasi pencegahannya. 

Selain kesiapan sumber daya manusia, turut dilakukan pemeriksaan kesiapan rutin pada alat berat yang digunakan. Adapun inspeksi rutin juga dilakukan setiap minggunya untuk memastikan kualitas pekerjaan yang sesuai standar.

Untuk mendukung pemerataan kualitas jalan yang berada di KM 87 - KM 110, Astra Tol Cipali turut melakukan peremajaan jalan di lajur kesatu dan lajur kedua di kilometer tersebut. Variasi penutupan bahu jalan, lajur kesatu, dan lajur kedua dilakukan agar proses peremajaan dapat lebih cepat dimanfaatkan oleh pengguna jalan.

"Kami mengimbau pengguna jalan untuk selalu waspada, menjaga fokus dan jarak aman antarkendaraan, serta mengurangi kecepatan kendaraan saat memasuki area penambahan lajur ketiga,’’ ucapnya.

Apabila merasa lelah, pengguna jalan dapat beristirahat di tujuh rest area aktif yang tersebar di ruas Tol Cipali ataupun keluar gerbang tol terdekat.   

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement