Kamis 06 Mar 2025 14:13 WIB

Banjir, Sebanyak 1.400 Pelanggan di Karawang dan Bekasi Masih Belum Bisa Dialiri Listrik

Seluruh sistem kelistrikan di Jawa Barat telah kembali normal

Red: Arie Lukihardianti
Petugas PLN memperbaiki instalasi listrik pascabanjir di beberapa daerah di Jabar
Foto: Dok Republika
Petugas PLN memperbaiki instalasi listrik pascabanjir di beberapa daerah di Jabar

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG-- PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat (Jabar) melakukan pemulihan bertahap pasca banjir yang melanda beberapa wilayah di Jabar. Yakni, sebagian Depok, Karawang, Bekasi, Cikarang, dan Gunung Putri. PLN UID Jabar, memastikan seluruh Gardu Distribusi telah pulih 100 persen dan siap mengalirkan listrik ke pelanggan pada Kamis, pukul 00.25 WIB.

Namun, menurut General Manager PLN UID Jawa Barat, Agung Murdifi, saat ini masih terdapat 1.400 pelanggan di sebagian Karawang dan Bekasi yang belum dapat dialiri listrik. Karena lokasi pelanggan masih tergenang air dan instalasi kelistrikan pelanggan perlu dipastikan aman sebelum penyalaan kembali.

Baca Juga

PLN sendiri, tetap mengedepankan aspek keselamatan pelanggan dalam proses pemulihan kelistrikan pasca banjir. "Seluruh sistem kelistrikan di Jawa Barat telah kembali normal, namun kami masih menunggu kondisi aman di lokasi pelanggan yang masih terdampak. Saat ini, sekitar 1.400 pelanggan belum dapat dialiri listrik karena masih ada genangan air dan instalasi pelanggan perlu dipastikan layak sebelum diberi tegangan. PLN siap melakukan penyalaan kembali begitu kondisi memungkinkan," ujar Agung, Kamis (6/3/2025).

Banjir yang melanda berbagai wilayah di Jawa Barat dalam beberapa hari terakhir membuat PLN terpaksa melakukan pemadaman sementara pada 868 gardu distribusi untuk menghindari potensi bahaya listrik bagi masyarakat. Setelah air surut, PLN bergerak cepat untuk melakukan pengecekan infrastruktur kelistrikan, termasuk gardu distribusi dan jaringan listrik, guna memastikan seluruh sistem aman sebelum dilakukan penyalaan kembali.

PLN juga telah menerjunkan lebih dari 261 personel siaga yang bekerja 24 jam untuk mempercepat pemulihan listrik bagi pelanggan terdampak. Koordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait terus dilakukan agar proses pemulihan berjalan lancar.

PLN mengimbau pelanggan yang masih terdampak untuk segera memastikan bahwa instalasi listrik di rumah pelanggan sudah dalam kondisi aman sebelum listrik kembali dinyalakan.

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum menghubungi PLN untuk penyalaan kembali:

- Pastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah

- Periksa instalasi listrik secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada kerusakan akibat banjir.

- Jika diperlukan, lakukan pemeriksaan oleh teknisi listrik yang berkompeten untuk memastikan keamanan instalasi.

- Laporkan ke PLN melalui PLN Mobile atau Contact Center 123 setelah instalasi dinyatakan aman untuk penyalaan kembali.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement