Kamis 17 Jul 2025 13:45 WIB

Canggih, Gunakan Artificial Intelligence Sekarang Bisa Mencuci Pakai Mesin Cuci dari Jarak Jauh

Mesin cuci di dalamnya sekarang ada wifi

Red: Arie Lukihardianti
Service Operation Manager Midea Electronics Indonesia, Khalis Kurniadi
Foto: Dok Republika
Service Operation Manager Midea Electronics Indonesia, Khalis Kurniadi

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--Kemajuan teknologi telah dimanfaatkan oleh semua sektor. Salah satunya, oleh produsen produk elektronik Midea Electronics Indonesia. Perusahaan ini, selalu menerapkan teknologi canggih dalam produk-produknya. Misalnya, pada produk mesin cuci, ada komponen wifi dalam produk tersebut. Sehingga, konsumen pun bisa mengontrol mesin cucinya saat mencuci walaupun dari jarak yang jauh.

”Pemanfaatan teknologi saat ini sangat kita perhatikan, khususnya untuk menerapkannya pada produk Midea. Seperti semi artificial intelligence (AI), salah satunya menggunakan wifi dalam mesin cuci,” ujar Service Operation Manager Midea Electronics Indonesia, Khalis Kurniadi, kepada wartawan di Bandung, belum lama ini.

Baca Juga

Menurut Khalis, dengan AI jika ada gangguan dalam produk elektronik, maka akan ada sinyal ke smartphone si konsumen. Teknologi yang digunakan lainnya, adalah penggunaan low watt, misalnya pada produk Air fryer. Di mana produk-produk sejenis dengan brand lain watt listriknya masih cukup tinggi. ”Ke depan mungkin penggunaan teknologi lebih canggih akan terus kita lakukan demi memuaskan konsumen," katanya.

Selain berteknologi canggih, kata dia, Midea Electronics Indonesia meluncurkan program purna jual terbarunya ”1 Tahun Rusak Ganti Baru” dengan komitmen pasti Pilihan Tepat, Dijamin Cepat. Program ini, dirancang untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam menangani kerusakan fungsi produk.

Garansi ini, mencakup berbagai produk peralatan rumah tangga elektronik Midea. Termasuk, penanak nasi (rice cooker), air fryer, induction cooker, dispenser, air cooler dan kipas angin. Program ini diperuntukkan khusus produk yang diimpor oleh PT Midea Planet Indonesia dan berlaku untuk pembelian sejak 1 Juni 2025. Konsumen di seluruh Indonesia berhak mendapatkan jaminan perlindungan selama 1 tahun sejak tanggal nota pembelian/invoice pertama.

“Ini adalah bentuk komitmen nyata dan apresiasi kami kepada konsumen yang telah setia memilih produk Midea sebagai pelengkap kebutuhan peralatan rumah tangga.  Jika ada kerusakan pada produknya, konsumen bisa menukar produk dalam jangka waktu 1 tahun,” papar Khalis Kurniadi.

Sementara menurut Product Manager Small Domestic Appliance Midea Electronics Indonesia, Antonius Widjaja, setelah periode 1 tahun berakhir, garansi normal tetap berlaku sesuai ketentuan yang tertera berdasarkan tanggal nota/invoice pembelian.

Biaya pengiriman unit rusak dan penggantian unit baru melalui ekspedisi yang sudah ditunjuk langsung, akan sepenuhnya ditanggung oleh Midea. Konsumen juga diimbau untuk menyimpan kemasan asli/karton box, nota pembelian/invoice, dan kartu garansi sebagai dokumen pendukung dalam proses klaim.

“Dengan adanya program Midea 1 Tahun Rusak Ganti Baru ini adalah bahwa Kami ingin memastikan pengalaman konsumen yang lebih nyaman dan bebas khawatir dalam menggunakan produk-produk unggulan Midea. Program ini berlaku untuk pembelian di seluruh toko offline serta e-commerce di Indonesia,” katanya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement