Ahad 29 Sep 2024 21:54 WIB

Analisa Kulit, Klinik Kecantikan di Bandung Berinovasi Gunakan AI

Skin Age Detector untuk menganalisis lebih detail permasalahan kulit wajah.

Red: Arie Lukihardianti
Klinik perawatan kulit di Bandung
Foto: Dok Republika
Klinik perawatan kulit di Bandung

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG--Teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sekarang sudah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Bahkan, kecantikan kulit pun tak luput dari penggunaan AI ini. Saat ini, berbagai klinik perawatan kulit mulai menerapkan konsep Smart Digital Clinic.

Salah satu klinik kecantikan kulit yang menggunakan inovasi teknologi berbasis AI ini adalah ERHA Ultimate. Menurut Direktur ERHA Clinic Indonesia, Noviana Supit, pihaknya menggunakan Skin Age Detector untuk menganalisis lebih detail permasalahan kulit wajah. "Dengan kecanggihan AI, kami menggunakan fasilitas deteksi wajah hasilnya real time skin analysis," ujar Noviana usai peresmian ERHA Ultimate Summarecon Mall Bandung, belum lama ini.

Baca Juga

Noviana menjelaskan, Skin Age Detector mampu menganalisa kulit secara komprehensif. Termasuk, usia kulit serta kondisi kulit seperti proses inflamasi, skin redness, pigmentasi, garis-garis halus (wrinkle) dan pori-pori kulit dan jerawat.

Menurutnya, Skin Age Detector ini menjadi fasilitas gratis semua pengunjung yang datang ke ERHA Ultimate. Alat ini dengan kepintaran buatannya bisa mengetahui rekomendasi solusi program yang sesuai dengan kondisi kulitnya, secara detail dan personalized. Bahkan, bisa merekomendasikan rangkaian perawatan kulit yang cocok dengan permasalahan kulit yang terdeteksi.

"Tanpa menghilangkan peran dokter, selanjutnya pengunjung bisa berkonsultasi dengan dokter yang tentunya sudah berpengalaman. ERHA Ultimate juga menyediakan layanan konsultasi online via WhatsApp untuk memudahkan akses pelanggan dalam mendapatkan solusi setiap permasalahan kulit atau rambutnya," katanya

Noviana mengatakan, layanan digital ini bisa diakses melalui one stop application ERHA Buddy, yang bisa diunduh di Google Play Store maupun Apple App Store. ERHA Buddy memberikan kemudahan dalam membuat janji konsultasi dokter, perawatan di klinik, pembelian produk baik resep dokter maupun skincare serta hair care.

"Selain di klinik, kami juga menyediakan aplikasi online melalui ERHA Buddy untuk orang-orang yang ingin merasakan alat deteksi AI ini di rumah. Setelah hasilnya keluar, mereka bisa memiliki banyak pilihan, misalnya konsultasi online atau berkunjung langsung secara tatap muka," paparnya.

Penerapan Smart Digital Clinic, kata dia, tak hanya diterapkan di ERHA Ultimate Summarecon Mall Bandung. Menurutnya, kini teknologi AI ini juga secara bertahap hadir di seluruh cabang ERHA di Indonesia. Melihat perubahan gaya hidup yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan rambut masa kini, ERHA Ultimate Summarecon Mall Bandung hadir dengan layanan lengkap untuk semua kebutuhan kulit mulai dari Laser Rejuvenation, Intense Pulsed Light (I2PL), Skin Booster (Profhilo, Salmon DNA, dll), Botox, Laser CO2, Microneedle therapy dan berbagai pilihan derma peeling serta micro-dermabrasioN.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement