Selasa 07 May 2024 08:27 WIB

Calon Jamaah Haji Asal Jabar Didominasi Lansia Capai 16 Ribu Orang, Tertua 98 Tahun

Calon jamaah haji diingatkan menjaga kondisi tubuh terutama saat cuaca puncak haji

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Sejumlah jamaah haji lansia shalat berjamaah di Masjid Al Amman komplek Polda Jawa Barat (Jabar).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Sejumlah jamaah haji lansia shalat berjamaah di Masjid Al Amman komplek Polda Jawa Barat (Jabar).

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG----Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat (Jabar) mengungkapkan 16 ribu calon jamaah haji asal Jawa Barat merupakan lansia. Total calon jamaah haji yang berangkat haji mencapai 40 ribu orang lebih.

"Kalau kuota kita itu 40 ribu, berarti 15 ribu-16 ribu adalah lansia," ujar Kabid Haji dan Umroh Kemenag Jabar, Boy Hari Novian, Selasa (7/5/2024).

Baca Juga

Boy mengatakan, calon jamaah di Jabar kurang lebih mencapai 30-40 persen. Tiap tahun calon jamaah di Jabar didominasi lansia. Menurutnya, calon jamaah tertua di Jabar berusia 98 tahun. Calon jamaah yang berusia di atas 81 tahun mendapat prioritas. "Jadi mau kapan saja daftarnya kalau dia di atas 81 tahun itu jadi prioritas bisa langsung berangkat jadi gak nunggu lama," katanya.

Boy mengingatkan calon jamaah haji untuk menjaga kondisi tubuh mengingat cuaca puncak haji akan mencapai 45-50 derajat Celcius. Mereka pun diminta tidak terlalu banyak berkegiatan. "Jadi memang dari sekarang diharapkan jamaah menjaga kondisi dengan banyak minum dan mengurangi aktivitas sebelum puncak haji," katanya.

Sebanyak 40.201 orang calon jamaah haji siap berangkat ke tanah suci, Makkah, Arab Saudi. Mereka akan mulai masuk ke asrama pada tanggal 11 Mei dan berangkat ke Tanah Suci tanggal 12 Mei.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement