Jumat 24 May 2024 15:34 WIB

Penggerak UMKM Ini Sukses Membantu UMKM di Karawang dan Bandung

Setidaknya sudah 200 lebih UMKM perusahaan yang dibimbing perbaikan sistem bisnisnya

Red: Arie Lukihardianti
Tantri, SPsi MSi saat memberikan pelatihan ke UMKM
Foto: Dok Republika
Tantri, SPsi MSi saat memberikan pelatihan ke UMKM

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG----Berdasarkan proyeksi Bank Dunia pada 2023, dalam tiga tahun ke depan, ekonomi Indonesia diproyeksikan tumbuh lebih dari 0,1 persen setiap tahunnya. Selain itu, UMKM sebagai penggerak ekonomi Indonesia diproyeksikan akan bertambah mencapai 83,3 juta pelaku pada 2034. Ini menjadi sebuah peluang bagi pengembangan UMKM untuk terus mampu berkontribusi bagi perekonomian Indonesia.

Salah satu penggerak yang memiliki visi memajukan UMKM adalah Tantri, SPsi MSi, seorang founder Xperteam Consultant yang merupakan perusahaan di bidang jasa yang membantu para UMKM mengelola manajemen bisnisnya agar bisa bersaing dengan perusahaan besar, khususnya dalam hal produktivitas.

Baca Juga

Perempuan yang akrab disapa Mbak Tantri ini pengalamannya tidak dapat diragukan. Setidaknya sudah 200 lebih UMKM bahkan perusahaan yang dibimbing perbaikan sistem dalam bisnis olehnya. Salah satunya, Pengusaha muslimah di Karawang yang menjadi salah satu klien Xperteam Consultant, telah mengalami perkembangan pesat sejak mendapatkan bimbingan. 

Awalnya, pengusaha tersebut hanya berjualan secara online. Mereka pun, kebingungan dalam mengelola tim. Kini pengusaha muslimah di Karawang itu telah mencapai banyak prestasi baru. Mereka sekarang memiliki tim konten sendiri yang profesional, memiliki leader marketing sendiri, akun Instagram yang sudah terverifikasi dengan centang biru, serta telah membuka toko fisik (offline) di Karawang. Prestasi ini menunjukkan kemajuan signifikan atas kolaborasi antara brand dan Xperteam Consultant.

"Memberdayakan UMKM untuk tumbuh bukan hanya sebuah misi, ini adalah amanah bagi saya untuk membuka potensi dan mendorong kesuksesan berwirausaha yang berkelanjutan bagi para pemilik bisnis," kata Mbak Tantri, Jumat (24/5/2024).

Tak hanya seorang praktisi di bidang bisnis, Tantri juga aktif sebagai dosen. Keterlibatannya dalam akademik memastikan bahwa teori dan praktik bisa saling terintegrasi dalam pengaplikasian di dunia bisnis, yang mampu menjembatani antara pendidikan dan industri.

Sementara, menurut salah satu owner dari sebuah klinik di Bandung yang juga klien Xperteam Consultant, dulu perusahaanya punya permasalahan dalam manajemen SDM. Lalu dibantu oleh Xperteam sampai mengalami kenaikan produktivitas karyawan dan penurunan bujet labor cost sebesar 20 persen. "Omzet saya pun naik sebesar 30 persen bonus juga nih tim bisa di lepas (autopilot) jadi bisa fokus untuk mengembangkan perusahaan. Terbukti tahun ini saya mau buka 2 cabang baru," katanya.

Tantri berharap tahun ini lebih banyak lagi UMKM terbantu oleh Xperteam Consultant dengan berbagai jasa yang disediakan seperti talent acquisition, leadership development, organizational restructuring, system design and career coaching. Dia berharap semakin banyak UMKM berkembang dan berkontribusi nyata bagi Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement