Sabtu 01 Jun 2024 21:47 WIB

Hari Lahir Pancasila, Pj Gubernur Jabar Bey: Pancasila Terbukti Mampu Persatukan Kita

Saat ini bangsa Indonesia patut bersyukur, ada Pancasila dan nilai yang dikandungnya

Red: Arie Lukihardianti
Pj Gubernur Jabar Menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 Tingat Provinsi Jawa Barat, Di Halaman Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (1/6/2024)
Foto: Adpim Jabar
Pj Gubernur Jabar Menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 Tingat Provinsi Jawa Barat, Di Halaman Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (1/6/2024)

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG---- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengajak warga Jabar mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara kekinian dalam menghadapi berbagai tantangan zaman. Terlebih di kalangan pemuda, karena di saat bonus demografi sedang terjadi, milenial dan gen z adalah pelaku utama pembangunan. 

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini bertemakan 'Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045'. "Tema ini mengandung maksud, Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas," ujar Bey saat menjadi pembina upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 tingkat Provinsi Jabar, Sabtu (1/6/2024).

Baca Juga

Dalam sambutannya, Bey mengatakan saat ini bangsa Indonesia patut bersyukur, adanya Pancasila dan nilai yang dikandungnya menjadi pemandu kehidupan berbangsa. "Di dalam Pancasila mengandung nilai - nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong," kata Bey.

Bey mengajak semua komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai - nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. "Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga hingga saat ini Indonesia tetap kokoh sebagai bangsa besar," katanya

Perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat, Bey berharap Pancasila dapat menjadi filter agar Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. "Pesatnya teknologi informasi saat ini, dalam menerima informasi harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten dan narasi positif yang mencerminkan nilai Pancasila," katanya.

Bey meyakini dengan semangat Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang akan terjadi dapat diatasi, terlebih di tengah krisis global yang terjadi saat ini. "Kita patut bersyukur bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa dan bernegara. Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk sama - sama  bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui hari Peringatan Pancasila ini," papar Bey.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement