Selasa 18 Jun 2024 17:51 WIB

Peringati Hari Lahir Pancasila, DPRD Jabar Gelar Seminar 'Pancasila untuk Dunia'

Bung Karno merumuskan Pancasila berdasarkan pemikiran filosofis

Red: Arie Lukihardianti
Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman
Foto: Dok. DPRD Jabar
Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman

REJABAR.CO.ID,  BANDUNG----Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) menggelar kegiatan bertajuk Parlemen Mengabdi untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, terdapat seminar bertemakan 'Pancasila untuk Dunia' akan diselenggarakan pada Jumat 21 Juni 2024 di Gedung Merdeka.

Tak hanya itu, lomba artikel dengan tema "Pancasila atau Bung Karno" bagi dosen dan mahasiswa pasca sarjanana (S2, S3), lomba Content Creator tema "Pancasila" untuk siswa SMA, dan lomba Vlog konsep Live Report tema “Pancasila atau Bung Karno” untuk mahasiswa dan perguruan tinggi juga turut memeriahkan rangakaian acara.

Baca Juga

Dalam seminar itu, Ketua Komisi I DPRD Jabar, Dr H Bedi Budiman menjadi salah satu pemateri. Bedi akan memberikan materi mengenai Geopolitik di Era Presiden Soekarno. Bedi mengatakan, Ir Soekarno atau yang lebih akrab disebut dengan Bung Karno menjadi tokoh sentral dalam perjuangan Indonesia. Tak hanya itu, Bung Karno berperan penting dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

"Bung Karno adalah penggagas utama dari Pancasila," ujar Bedi, kepada wartawan, Selasa (18/6/2024).

Bedi mengatakan, pada sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei hingga 1 Juni tahun 1945, Bung Karno mengemukakan konsep dasar negara Indonesia. Yakni, terdiri dari lima prinsip yang kemudian dikenal sebagai Pancasila.

Ketika itu, Bung Karno merumuskan Pancasila berdasarkan pemikiran filosofis yang mendalam tentang kebangsaan, kemanusiaan, dan keadilan sosial. "Bung Karno menginginkan dasar negara yang mampu mempersatukan berbagai kelompok etnis, agama, dan budaya di Indonesia," katanya.

Menurutnya, Pancasila yang diyakini oleh Bung Karno mencerminkan nilai-nilai luhur seperti, ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial. "Nilai-nilai ini dianggap esensial untuk membangun bangsa yang kuat dan bersatu," kata Bedi.

Bedi menilai Bung Karno sebagai Presiden pertama Indonesia senantiasa mengimplementasikan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Bahkan, Bung Karno mempromosikan Pancasila melalui pidatonya yang berjudul “to build the world a new” di sidang umum PBB tanggal 30 September 1960.

Padahal, kata dia, kondisi saat itu konflik ideologis sedang melanda dunia tetapi Bedi yakin Pancasila berhasil mempersatukan bangsa indonsesia yang memiliki keragaman etnis, suku bangsa, dan agama.

"Bung Karno menawarkan Pancasila sebagai ideologi tengah yang mengakomodasi kedua ideologi yang sedang bertikai (era perang dingin)," kata Politisi PDI P ini.

Menurutnya, Pancasila sebagai dasar ideologi negara Indonesia, pengaruh Bung Karno dalam merumuskan, serta mempromosikan Pancasila terus dihormati dan diakui. "Pemikiran dan semangatnya masih relevan dan menjadi inspirasi bagi generasi-generasi berikutnya," kata dia.

Perjuangan dan pemikiran Bung Karno, kata dia, tidak hanya memberikan dasar filosofis bagi bangsa Indonesia. Namun, pemikiran Sang Proklamator menjadi warisan yang terus hidup dalam bentuk Pancasila yang menjadi landasan dalam membangun negara yang adil, makmur, dan bersatu.

Bedi menambahkan, Pancasila bisa berguna untuk mempromosikan perdamaian dan toleransi antarbangsa. Kemudian, menguatkan solidaritas global dan memajukan demokrasi, Hak Asasi Manusia (HAM). Serta, memperkuat ekonomi yang berkeadilan.

Dalam hal mempromosikan perdamaian dan toleransi antarbangsa, kata dia, Pancasila bisa menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan serta keadilan sosial untuk mendorong perdamaian dan mengurangi konflik antar negara. Lalu, mengajarkan pentingnya menghormati perbedaan budaya, agama, dan ras untuk menciptakan harmoni global.

Sedangkan terkait penguatan solidaritas global, kata dia, Pancasila diyakini bisa mendorong kerja sama internasional untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim, kemiskinan, dan ketidakadilan sosial. "Bisa juga untuk membina semangat gotong royong dan saling membantu antara negara-negara untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan," katanya.

Bedi menjelaskan, dalam hal memajukan demokrasi dan HAM, Pancasila mampu mengadvokasi nilai-nilai demokrasi yang menjamin partisipasi aktif masyarakat dalam pemerintahan dan pengambilan keputusan. "Pancasila bisa menyuarakan pentingnya penghormatan terhadap hak asasi manusia di seluruh dunia," katanya.

Selain itu, dalam hal penguatan ekonomi yang berkeadilan, Pancasila bisa menjadi medium untuk mempromosikan sistem ekonomi yang berlandaskan keadilan sosial dan kesejahteraan bersama serta mengurangi kesenjangan ekonomi antar negara. "Mendorong praktik bisnis yang beretika dan bertanggung jawab sosial," imbuhnya.

Bedi menambahkan, saat ini dibutuhkan penguatan di ranah pendidikan. Menurutnya, Pancasila harus terus dikembangkan melalui silabus dan motede pembelajaran. Oleh karena itu, para pendidik perlu berinovasi untuk menyampaikan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) agar mudah dimengerti oleh peserta didik.

"Pendidik bisa menjadi penutur naskah Pancasila yang baik. Itu bisa direalisasikan dengan aktivitas kekinian seperti sosio drama dan kegiatan luar ruangan," katanya.

Bedi meyakini seluruh lapisan masyarakat Indonesia sudah hafal sila pertama hingga lima dalam Pancasila. Namun, pengalaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegera harus diimplementasikan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement