Jumat 28 Jun 2024 18:43 WIB

Ini Kronologi Kecelakaan Beruntun di Tol Cipali yang Tewaskan Satu Orang

Saksi mata melihat pengemudi truk ugal-ugalan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Tol Cipali (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Tol Cipali (ilustrasi)

REJABAR.CO.ID,  MAJALENGKA – Sebanyak tujuh kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di ruas jalan Tol Cipali KM 168+000, arah Cirebon, yang termasuk wilayah Kecamatan Jatiwangi, Kecamatan Majalengka, Jumat (28/6/2024) pukul 08.32 WIB. Peristiwa itu menyebabkan satu orang meninggal dunia dan dua luka ringan.

Salah seorang saksi mata yang juga menjadi korban kecelakaan itu, Feri Agustiawan (53), menjelaskan, kecelakaan itu bermula dari tabrak belakang kendaraan truk terhadap kendaraan di depannya, hingga memicu tabrakan beruntun terhadap sejumlah kendaraan lain yang searah.

Baca Juga

‘’Saya sempat melihat pengemudi truk itu ugal-ugalan, bahkan sebelum sampai lokasi juga mengambil lajur kanan terus,’’ ujar Feri, saat ditemui di Pos PJR Tol Cipali, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Menurut Feri, truk tersebut melintas dari arah Jakarta menuju arah Jawa Tengah dengan kecepatan tinggi. ‘’Kecepatannya tinggi soalnya si truk itu nyalip terus di sebelah kanan. Seharusnyakan mobil truk itu di kiri, gak boleh di kanan,’’ katanya.

Feri menyebutkan, saat kejadian, arus kendaraan memang cukup padat karena terjadi penyempitan jalur. Hal itu akibat adanya perbaikan di beberapa titik ruas jalan Tol Cipali.

Seluruh kendaraan yang terlibat kecelakaan juga disebut dalam keadaan berhenti karena sedang mengantri untuk melintas secara bergiliran. Namun, pengemudi truk itu memacu kecepatan tinggi sehingga diduga tidak bisa mengantisipasi jarak aman dengan kendaraan yang berada di depannya.

Feri mengakui kejadian itu berlangsung cepat. Dia pun terkejut ketika tiba-tiba mobil minibus yang dikendarainya ditabrak kendaraan lain dari belakang dan terdorong cukup keras hingga menabrak kendaraan lain di depannya.

Beruntung, Feri bersama keluarganya selamat meski kendaraannya mengalami kerusakan di bagian depan dan belakang. Dia pun bersyukur airbag di mobilnya berfungsi dengan baik sehingga melindunginya dari benturan keras.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement