Rabu 24 Jul 2024 18:29 WIB

OCBC Wujudkan Akses Listrik dan Air untuk Desa Sirnajaya

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Desa Sirnajaya

Red: Friska Yolandha
PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) bersama mitra kembali melaksanakan OCBC Society untuk membantu masyarakat memiliki akses terhadap kebutuhan dasar seperti listrik dan sanitasi guna meningkatkan kualitas hidup mereka.
Foto: Dok Republika
PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) bersama mitra kembali melaksanakan OCBC Society untuk membantu masyarakat memiliki akses terhadap kebutuhan dasar seperti listrik dan sanitasi guna meningkatkan kualitas hidup mereka.

REJABAR.CO.ID, BANDUNG BARAT -- PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) bersama mitra kembali melaksanakan OCBC Society untuk membantu masyarakat memiliki akses terhadap kebutuhan dasar seperti listrik dan sanitasi guna meningkatkan kualitas hidup mereka. Program bantuan infrastruktur OCBC dan kegiatan volunteering ini dikolaborasikan bersama Filantra sebagai pendamping program yang dilaksanakan di Desa Sirnajaya, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat.

The Ka Jit, Direktur OCBC mengatakan kegiatan ini dilakukan sesuai dengan visi OCBC. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Desa Sirnajaya dengan membawa perubahan berkelanjutan yang dapat meningkatkan produktivitas mereka dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. 

Baca Juga

"Semoga aksi yang dilakukan ini dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk berkolaborasi dan menjangkau lebih banyak masyarakat yang membutuhkan secara berkelanjutan," katanya.

Saat ini masih banyak komunitas yang menghadapi tantangan dalam memenuhi kebutuhan dasar seperti air dan listrik. Di salah satu wilayah Desa Sirnajaya, beberapa kepala keluarga masih belum dapat mengakses listrik karena biaya pemasangan dan kondisi akses menuju desa yang terjal dan berbukit.

Selain itu, sumber air yang belum optimal membuat warga harus mengangkut air dari sungai yang letaknya jauh dari pemukiman untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pelaksanaan program ini dimulai sejak 16 Juni 2024, mencakup pembangunan MCK, perbaikan sarana air dan mata air dengan membangun penampungan bak air dari mata air yang kemudian disalurkan ke warga, bantuan aliran listrik melalui pemasangan KWH PLN, PJU solar panel, serta fasilitas umum lainnya. 

Program ini telah memberikan manfaat kepada 60 kepala keluarga atau sekitar 150 orang, mayoritas warga bekerja sebagai petani, perawat hewan ternak, dan penjual hasil kebun yang tidak memiliki lahan atau hewan secara mandiri.

"Kolaborasi program ini merupakan langkah nyata untuk menghadirkan perubahan positif bagi masyarakat Desa Sirnajaya. Kami berharap bisa membawa perubahan yang berkelanjutan bagi Desa Sirnajaya. Pembangunan infrastruktur dasar ini diharapkan dapat menjadi fondasi bagi perkembangan ekonomi dan sosial di desa ini,” ucap Asep Nurdin, Direktur Filantra.

Seremoni kegiatan ini diselenggarakan bersamaan dengan acara OCBC Volunteer Goes to Village pada 6 Juli 2024. Kegiatan volunteering tersebut meliputi pengecatan fasilitas umum yang telah dibangun, seperti lampu jalan panel surya, sarana MCK, mushola, serta bak air.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement