Kamis 12 Sep 2024 21:01 WIB

Golkar Tunjuk Haryono jadi Ketua DPRD Indramayu

Hasil pemilihan legislatif 2024, Golkar meraih 14 kursi.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Partai Golkar (ilustrasi)
Foto: Republika
Partai Golkar (ilustrasi)

REJABAR.CO.ID,  INDRAMAYU--Sebanyak 50 anggota DPRD Indramayu hasil pemilihan legislatif pada 14 Februari 2024 telah melakukan Pengucapan Sumpah Janji Anggota DPRD masa jabatan 2024-2029. Pengucapan sumpah itu digelar di ruang sidang utama DPRD Indramayu, akhir pekan kemarin.

Hasil pemilihan legislatif 2024 pun menempatkan Golkar sebagai pemenang dengan raihan 14 kursi. Karenanya, partai berlambang pohon beringin itu berhak atas kursi ketua DPRD Indramayu. Kejutan pun terjadi dalam perebutan kursi ketua DPRD Indramayu. Sebelumnya, nama yang santer digadang-gadang akan menempati jabatan itu adalah Muhaemin.

Baca Juga

Hal itu tidak terlepas dari kinerja Muhaemin yang moncer. Ia menjadi anggota DPRD Indramayu terpilih tiga periode hingga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar DPRD Indramayu. Namun ternyata, Haryono lah yang justru yang mendapat surat tugas dari Partai Golkar untuk menjadi Ketua DPRD Indramayu untuk periode 2024-2029.

‘’Ini merupakan suatu kepercayaan dari DPP. Saya menjadi Ketua DPRD Indramayu ini suatu kepercayaan yang harus dijalankan sebaik-baiknya,’’ ujar Haryono, yang merupakan anggota DPRD Indramayu dua periode tersebut, Kamis (12/9/2024).

Haryono pun berkomitmen menjawab kepercayaan itu dengan kerja nyata, utamanya untuk memperjuangkan hak dan kepentingan masyarakat. Sehingga marwah DPRD Indramayu dimata publik bisa terus terjaga dengan baik.

Di sisi lain, Muhaemin mengatakan, namanya memang sempat masuk bursa kandidat untuk menjadi Ketua DPRD Indramayu, termasuk nama Haryono dan Eka Trilinda Ningrum. Nama-nama itu diserahkan ke tingkatan partai yang lebih tinggi untuk digodok. Nama Haryono yang dipilih, menurut Muhaemin, itu sudah menjadi keputusan partai dan merupakan hal yang wajar.

‘’Kalau ekspektasi teman-teman harusnya saya, ya itu hal yang wajar, biasalah, kira-kira hal yang dinamis begitu,’’ katanya.

Tak sedikit rekan sesama anggota legislatif, terutama yang berasal dari partai lain, terkejut dengan terpilihnya Haryono. Kendati demikian, mereka mendukung dan berharap Haryono bisa memimpin DPRD Indramayu dengan sebaik mungkin. Seperti Sirojudin, yang merupakan Wakil Ketua DPRD Indramayu Sementara dari PDI P.

‘’Saya kaget. Tapi sesuai undang-undang, memang jatah Ketua DPRD adalah punya Golkar. Dan sampai saat ini, kami pimpinan sementara juga belum menerima surat dari masing-masing partai terkait siapa yang ditunjuk untuk mengisi empat pimpinan DPRD,’’ katanya.

Sirojudin pun mengucapkan selamat kepada Haryono karena penunjukkan tersebut merupakan kewenangan dari partai masing-masing.

Anggota DPRD Indramayu dari Demokrat, Nico Antonio juga memberikan tanggapan yang sama. Secara pribadi, ia sudah mendengar kabar bahwa Haryono lah yang ditunjuk untuk jabatan Ketua DPRD Indramayu. ‘’Walaupun secara fisik, kami juga belum melihat perihal surat tugas tersebut. Intinya, kami menghormati apapun keputusan dari partai masing-masing,’’ katanya.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement